Air Terjun Tertinggi di Dunia, Tingginya 979 Meter!

LAZONE.ID - Santo Angel di Venezuela adalah air terjun tertinggi di dunia dengan tinggi 979 meter. Monas mah lewat!

Santo Angel terletak di Rio Caroni, Taman Nasional Canaima, Venezuela. Penemunya adalah penjelajah Ernesto de Santa Cruz di awal abad ke-20. Tapi yang pertama kali memperkenalkannya ke dunia itu justru seorang pekerja tambang bernama James Crawford Angel.

Ceritanya doi sedang mencari tambang emas,, tapi justru melihat air terju tersebut dari pesawat. Barulah di tahun 1963, dia mendaratkan pesawatnya di dekat air terjunnya dan mengenalkan air terjun ini ke dunia.

Air terjun ini memiliki ketinggian  979 meter (3.212 kaki) dengan jatuh tanpa hambatan sekitar 807 meter (2.647 kaki). Suku Indian Pemon (penduduk setempat) menyebut air terjun ini sebagai "Auyan-tepui" ("Aiyan-tepui") yang berarti "Gunung Setan". Nama itu diambil, karena banyaknya pendaki yang mencoba menaklukkan gunung itu tidak pernah kembali, suku Indian Pemon percaya mereka yang tidak kembali telah berpindah ke tangan penguasa sungai.

 


Selain itu, rupanya ada fenomena unik di air terjun tertinggi sedunia ini. Saat musim panas tiba, volume air akan menurun dan membuat airnya sudah habis serta membias sebelum mencapai dasar. Masyarakat setempat menyebutnya sebagai fenomena 'falls of the deepest place' atau jatuh ke tempat terdalam.

Angel Falls kini menjadi atraksi wisata terpopuler di Venezuela, meskipun untuk mencapai air terjun ini cukup sulit, harus menggunakan pesawat dari Puerto Ordaz atau Ciudad Bolivar menuju Canaima Camp. Dari Canaima, menyusuri sungai yang mengaliri air terjun, yaitu Sungai Churun, Gauja, dan Carrao. Perjalanan menyusuri sungai dengan kano harus dilewati setidaknya selama tiga hari.

Nggak kebayang sob kalau kita bisa melihat dari dekat air terjun ini pakai mata kepala sendiri.