Akar Pohon yang Bolong di Bali, Unik!

LAZONE.ID - Ini tempat unik di Bali bukan pantai atau perbukitan. Tapi merupakan akar pohon yang berbentuk bolong seperti lorong dan bisa loe lewatin.

Banyak tempat wisata unik di Bali yang loe belum tahu. Seperti Bunut Bolong yang terletak di Desa Manggisari, Pekutatan, Kab. Jembrana. Sekilas mendengar namanya kita sudah terbayang, Bunut adalah pohon yang memiliki kemiripan karakteristisk dengan beringin, tapi akar-akar yang bergelantungan dari batangnya yang langsung menyentuh permukaan tanah.

Pohon Bunut di Pekutatan ini memiliki ciri khas yang cukup unik, batang atau cabang-cabang baru terbentuk disertai lekukan-lekukan yang indah, dan uniknya lagi pada tengah-tengah pohon ada lubangnya seolah seperti sebuah lorong, yang diameternya bisa untuk lalu lalang mobil dengan leluasa, terlihat dari kejauhan seolah mengangkangi jalan beraspal yang berada di antara dua belahan kakinya.



Pohon ini tumbuh dengan sendirinya dan dikeramatkan oleh para penduduk setempat sebagai tempat suci yang dijaga secara skala maupun niskala. Aura magisnya sangat kental, diiringi rasa takjub yang begitu mendalam.

Pohon Bunut ini sudah berusia ratusan tahun, dan uniknya akar-akar yang menjulang dari atas kebawah membentuk sebuah lubang besar seperti gua yang membelah pohon besar ini. Lubang ini kemudian dijadikan jalan beraspal yang kemudian bisa dilalui oleh kendaraan dengan leluasa. Sehingga pohon ini terlihat seperti mengangkangi jalan aspal dengan kedua kakinya.