Alamak, Ada Museum Toilet di India

LAZONE.ID - Museum biasanya berisikan benda-benda bersejarah atau peninggalan suatu kerajaan ratusan tahun silam. Tapi di India malah ada Museum Toilet.

Sulabh Toilet Museum merupakan museum unik di New Delhi, India. India memang punya masalah dengan kualitas lingkungan di sana, terutama air dan sanitasinya. Tapi, justru hal inilah yang melatarbelakangi dibuatnya museum toilet pertama dan satu-satunya di dunia.

Museum ini punya koleksi toilet dari berbagai negara, tak hanya India. Loe bisa liat toilet unik yang dulu pernah digunakan! Ada toilet portabel dari kayu yang sangat klasik, ada yang bentuknya seperti kursi teras, ada juga yang "menyamar" jadi sofa. Toilet bergaya Austria menjadi favorit wisatawan di sini. Warna dasarnya putih gading, dipercantik dengan motif bunga aneka warna. Ada-ada aje.

Toilet elektrik buatan Australia, begitu sudah buang hajat maka kotoran akan langsung terbakar. Waduh nggak kebayang baunya.

Sulabh International Social Service Organization adalah sebuah LSM yang fokus pada bidang sanitasi di pedalaman India, termasuk penyediaan toilet umum. Pendiri organisasi ini, Dr Bindershwar Pathak, kemudian membuat sebuah museum di sekitar kantor pusatnya di Mahavir Enclave, Palam Dabri Road, New Delhi. Inilah sejarah Sulabh Toilet Museum itu.

Selain melihat koleksi toilet dari seluruh dunia, Sulabh Toilet Museum juga mengedukasi orang-orang tentang sejarah perkembangan toilet. Mulai dari bahan, desain, dan teknologi toilet di masa lampau sampai bisa modern seperti sekarang. Museumnya buka dari hari Senin sampai Sabtu jam 10.00 sampai 17.00. Boleh juga nih museumnya jadi destinasi wisata anti mainstream.