Asyik Banget Bro, Pulau Tanpa Polusi dan Polisi

LAZONE.ID - Selamat datang di Gili Trawangan, yang pantainya cantik, nggak ada kendaraan bermotor dan polisi. Paradise!

Siapa yang nggak kenal Gili Trawangan? Pulau kecil di Lombok yang terkenal dengan keeksotisannya. Serta, terkenal tanpa 2 P, Polusi dan Polisi.

Di sini loe nggak akan menemukan kendaraan bermotor, dari bus, mobil sampai motor. Dari tahun 1990-an, sejak pertama kali dibuka untuk turis mancanegara, masyarakat di Gili Trawangan menolak untuk menggunakan kendaraan bermotor.

Pertama, karena pulaunya kecil sehingga cukup dekat ditempuh dengan berjalan kaki, naik sepeda atau naik cidomo (semacam delman). Kedua, mereka ingin menawarkan suasana liburan yang maksimal dan udara segar untuk turis. Suasana yang jauh berbeda dari kehidupan perkotaan. Turis juga nggak pada ngeluh kok kalo naik sepeda.

Terus kenapa nggak ada polisi? Sebab Gili Trawangan adalah pulau kecil. Kalau pun ada orang-orang 'jahil' mereka pasti ketangkep karena susah kabur. Mau ke mana, kanan, kiri, depan dan belakang laut. Mau ngumpet, ngumpet ampe kapan karena sekeliling pulau dijaga orang-orang jadinya mudah ketahuan.
 


Walau nggak ada polisi, di sana satuan keamanan namanya security guide. Tugas mereka malah bukan seperti security-security di mal, melainkan lebih menjadi pusat informasi untuk turis. Lain kata, Gili Trawangan sangat aman aman sekali!

Untuk menuju Gili Trawangan, loe bisa dari Pelabuhan Bangsal yang berjarak sekitar 45 menit dari kawasan Senggigi. Dari situ bisa naik perahu nelayan atau carter perahu boat sebesar mulai dari Rp 250 ribuan. Dari Sanur, Kuta dan Nusa Dua di Bali juga bisa, tapi sewa boatnya lebih mahal, Rp 500 ribuan ke atas.

Udah pantainya pasir putih, bawah lautnya kaya terumbu karang, fasilitas hotel sampai restoran tersedia, nggak ada poulusi dan aman banget, Gili Trawangan emang para..para.. paradise!