Asyik Deh! Air Terjun Asik-asik dari Filipina

LAZONE.ID - Filipina punya Air Terjun Asik-asik. Berbeda dengan air terjun pada umumnya, yang ini tidak biasa dan keluar dari celah-celah tebing.

Asik-asik Falls, begitu nama asli air terjun ini. Terletak di Kota Alamada, Provinsi Cotabato, Asik-asik Falls disebut-sebut sebagai salah satu yang tercantik di Filipina. Air terjun ini terletak di Mindanao, pulau paling selatan di Filipina.

Keunikan air terjun ini terletak pada asal airnya, biasanya adanya air terjun tak lepas dari keberadaan sungai yang ada di atas tebing. Tapi percaya atau tidak di atas tebing di mana air ini jatuh tidak ada sungai lho.



Ternyata usut punya usut asal air terjun ini berasal dari sumber air bawah tanah yang keluar dari sela-sela bebatuan. Hal ini pulalah yang membuat Air Terjun Asik-Asik disebut-sebut sebagai salah satu yang terindah di Filipina. Wisatawan pun banyak yang datang untuk menikmati segarnya air terjun tersebut.

Dinding air terjun berwarna hijau karena dipenuhi vegetasi tumbuhan. Loe hanya perlu trekking sekitar 15 menit dari jalan utama. Air terjun ini baru ditemukan tahun 2010, dan dibuka untuk wisatawan 2 tahun setelahnya.