Ayolah Kita Mendaki Rinjani

LAZONE.ID - Gunung Rinjani adalah salah satu gunung tertinggi di Indonesia. Tingginya 3.726 mdpl dan sebagai atapnya Lombok.

Gunung Rinjani merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia, setelah Gunung Kerinci di Jambi. Gunung ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani yang memiliki luas sekitar 41.330 ha. Secara administratif gunung ini berada dalam wilayah tiga kabupaten, Lombok Timur, Lombok Tengah dan Lombok Barat.

Di sebelah barat kerucut Rinjani terdapat kaldera dengan luas sekitar 3.500 m × 4.800 m, memanjang kearah timur dan barat. Di kaldera ini terdapat Segara Anak (segara= laut, danau) seluas 11.000.000 m persegi dengan kedalaman 230 m. Air yang mengalir dari danau ini membentuk air terjun yang sangat indah, mengalir melewati jurang yang curam. Segara Anak adalah tempat favorit pendaki untuk berkemah dan memancing.



Para pendaki biasanya menyukai perjalanan melewati Sembalun, karena rute Sembalun agak panjang tetapi datar, dan cuaca lebih panas karena melalui padang savana yang terik (suhu dingin tetapi radiasi matahari langsung membakar kulit). Tantangan awal yang mesti ditempuh adalah padang sabana yang luas dan berbukit-bukit.

Tanah tandus berdebu disertai iklim yang menyengat membuat stamina cepat terkuras. Hanya di beberapa tempat terhampar rumut ilalang yang lebat sebagai makanan lezat bagi lembu-lembu gembala. Di tempat tertentu terdapat pos khusus yang bisa digunakan berkemah dengan mata air dan wc darurat.

Setelah menempuh perjalanan sekitar 7 jam, sampailah di pelawangan (punggungan gunung) Sembalun. Setelah itu beristirahat dan melanjutkan perjalanan ke puncak pada dini hari agar bisa mendapat momen sunrise. Para pendaki Indonesia pasti sepakat, Gunung Rinjani adalah salah satu gunung tercantik di Ibu Pertiwi.