Belajar Mencintai Alam dari Suku Baduy Dalam

LAZONE.ID - Suku Baduy hidup selaras dengan alam. Karena kalau berbuat baik kepada alam, maka alam akan berbuat baik pada kita.

Suku Baduy Dalam tinggal di pedalaman Banten, Jawa Barat. Loe yang mau ke sana, pertama harus datang dulu ke Desa Ciboleger, desa terakhir di Banten sebelum menuju Baduy Dalam. Abis itu jalan kaki masuk ke hutan selama 6-7 jam.

Suku Baduy Dalam pakaiannya serba putih dan tidak menggenakan alas kaki. Satu hal yang sebaiknya kita pelajari dari mereka adalah bagaimana caranya mereka hidup selaras dengan alam. Mereka merasa, alam sudah memberikan segalanya sehingga menolak masuknya teknologi dan transportasi mesin-mesin kendaraan. Tempat tinggal mereka juga masih di tengah-tengah hutan. Nggak ada listrik dan macam lainnya. Intinya alam sudah cukup untuk segalanya.



Maka daripada itu, Baduy Dalam menjaga alamnya dengan baik. Mereka tidak akan sembarangan mencabut tanaman dan tidak akan sembarangan membunuh hewan. Mereka makan dari alam dan sisa-sisanya kembali dan dapat bermanfaat untuk alam.

Mereka minum dari sungai. Maka sungainya tidak pernah mereka kotori dengan apapun. Dan luar biasanya, ada dua aliran di sana. Satu mengalir ke pemukiman suku Baduy Dalam dan satu lagi ngalir jauh ke bawah pegunungan dan dipakai orang-orang lain. Mereka nggak serakah, cuma pakai satu saja.

Suku Baduy Dalam juga nggak punya pesta adat besar-besaran yang menghabiskan banyak makanan atau mewah-mewah. Mereka penuh ketenangan, menjaga suasana yang damai di dalam hutan. Karena mereka tahu, nggak cuma mahluk hidup yang bernama manusia yang tinggal di sana.

Meski menolak masuknya kebudayaan luar, mereka tetap menerima kunjungan wisatawan dan para peneliti. Syaratnya nggak banyak, hanya diharuskan menjaga diri, ikuti peraturan dan jangan merusak alamnya. Coba deh loe datang langsung ke sana dan rasakanlah mereka yang hidup selaras dengan alam.