Belajar Setia dari Hachiko

LAZONE.ID - Inilah patung anjing Hachiko, yang punya pesan moral tentang kesetiaan. Mari belajar dari kisahnya bro.

Di Stasiun Shibuya, Tokyo ada satu patung yang selalu ramai dilihat orang. Inilah patung Hachiko berupa seekor anjing jantan jenis Akita Inu. Patungnya ada persis di pintu keluar stasiunnya dengan bangku-bangku dan taman rindang di sekelilingnya.

Hachiko lahir di Odate, Jepang bulan November 1923. Sewaktu berumur 2 bulan, ia dibawa ke rumah profesor Ueno di Shibuya. Sudah merupakan kebiasaan Hachiko untuk menunggu Tuannya di stasiun kereta api dan menemani sang Tuan sampai ke rumah.



Tetapi sebuah Tragedi terjadi pada 21 Mei 1925, ketika Dr Ueno mendadak kena stroke dan meninggal di tempat, universitas ia mengajar. Waktu itu, Hachiko berumur 18 bulan. Hari-hari seterusnya dan seterusnya sampai 9 tahun kemudian, Hachiko tetap dengan setia kembali ke stasiun dan menunggu tuannya terkasih di stasiun itu. 9 Tahun bukan waktu yang sebentar.

Tidak ada apapun dan siapapun yang dapat menghalangi niat Hachiko untuk tetap kembali menunggu tuannya. Penantiannya hingga sampai akhir hayatnya, di bulan Maret 1934. Itulah pertama kali dan seterusnya Hachiko tidak tampak lagi di stasiun Shibuya.

Hachiko walaupun telah diasuh oleh saudara/teman dari Tuannya, tetapi ia tetap menunggu kepulangan Tuannya, yang tidak pernah kembali, di stasiun Shibuya. Isu ini menghebohkan kalangan masyarakat di Jepang, sehingga muncul di koran, majalah dan berita pada waktu itu. Kesetian Hachiko menunggu seseorang yang dicintainya menyentuh hati orang-orang.