Belanda Kecil Ala Semarang

LAZONE.ID - Jika Jakarta punya Kota Tua, maka Semarang punya Kota Lama yang banyak bangunan peninggalan kolonial Belanda dan sebutannya 'Little Netherland'.

Mau merasakan suasana tempo dulu dengan banyak bangunan-bangunan peninggalan kolonial Belanda di Semarang? Ayo mampir ke Kota Lama. Tempat di Semarang, Jawa Tengah yang dijuluk' 'Little Netherland' alias 'Belanda Kecil'.

Kota Lama berlokasi di Bandarharjo, Kecamatan Semarang Utara, Semarang. Dengan luas 31 hektar, terdapat banyak bangunan yang arsitekturnya ala Eropa karena bekas peninggalan penjajah Belanda. Seperti Gereja Belenduk, Stasiun Kereta Api Tawang, Taman Sri Gunting, beberapa pertokoan, dan bangunan-bangunan lainnya.

Sedikit soal sejarah beberapa bangunannya, misalnya Gereja Belenduk. Gereja ini merupakan gereja tertua di Semarang yang didirikan tahun 1753 dan jadi ikonnya Semarang bro. Stasiun Kereta Api Tawang pun memiliki peron dan bentuk yang mirip dengan stasiun ala Belanda.


Umumnya perjalanan menelusuri Kota Lama dimulai dari Jembatang Berok. Tempat ini merupakan gerbang masuk dari benteng Belanda pada zaman kolonial. Jika masuk lewat Jalan Pemuda, loe akan menemui bangunan Kantor Pos Indonesia yang terlihat begitu terawat dan kokoh.

Kini, kabarnya pemerintah Semarang mau memasukan Kota Lama dalam daftar World Heritage dari UNESCO. Memang sih, jalan-jalan ke sana rasanya seperti sedang memasuki mesin waktu menuju ratusan tahun silam.

Satu lagi nih, Kota Lama juga kerap dipakai syuting-syuting film seperti 'Gie' dan "Ayat-ayat Cinta'. Suasana di sana, benar-benar nggak bisa kita dapatkan di tempat lain.