Beneran Nih, Kota Namanya Batman di Turki

LAZONE.ID - Turki nggak cuma Istanbul. Yang unik di sana dan pasti loe belum tau, ada kota namanya Batman. Ada hubungannya sama superhero Batman nggak ya?

atman adalah nama ibukota dari Provinsi Batman di wilayah Anatolia, sebelah tenggara Turki. Kota Batman berada di dekat Sungai Batman dan Sungai Tigris.

Kota Batman dulunya merupakan sebuah desa bernama Siirt atau Iluh. Siirt berkembang menjadi kota, kemudian berganti nama menjadi Batman pada 1957. Dinamakan begitu karena terletak dekat dengan Sungai Batman.



Batman kemudian menjadi ibukota dari provinsi bernama sama. Provinsi Batman memiliki luas 4.649 km2 dengan beberapa kota besar lainnya seperti Besiri, Gercus, Hasankeyf, Kozluk, dan Sason.

Di Batman, loe bisa jalan-jalan ke kota kuno bernama Hasankeyf di tepian Sungai Tigris. Kota kuno ini konon berumur 2.000 tahun dan jadi pusat peradaban ilmu serta budaya pada masanya. Ada lagi Jembatan Malabadi. Jembatan yang dibangun tahun 1147 selama masa Kerajaan Artuk ini bentuknya melengkung. Panjangnya 150 meter dan tingginya 19 meter. Jembatan dari batu ini masih berdiri kokoh hingga sekarang dan mirip dengan jembatan yang ada di Venesia.

Tahun 2008, walikota Batman sempet menuntut Warner Bros dan Christopher Nolan sebagai sutradara trilogi The Dark Knight. Dia bilang hanya ada satu Batman di dunia, dan itu adanya di Turki doang. Tapi kalau dirunut sih, komik Batman pertama muncul pada 1939 dan itu puluhan tahun sebelum Batman menjadi nama kota. Hmmmmm....