Bisa Baca dan Hafalin Nama Desa Ini?

LAZONE.ID - Silakan dihafal kalo loe bisa, Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiliogogogoch.

Loe nggak salah baca bro. Beneran, nama desa di Pulau Anglesey atau sebelah barat laut Wales di Britania Raya ini emang panjang banget. 58 Huruf tanpa spasi dan sulit banget dibaca dengan satu nafas.

Nama desanya, Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiliogogogoch. Susah ya, gimana kalo disebut lebih singkat, Llanfairpwllgwyngyll. Masih susah juga? Okelah sebut saja Desa Llanfair PG yang merupakan nama asli desa tersebut.

Pada tahun 1960, penduduk setempat sepakat untuk mengganti namanya dengan yang lebih panjang karena mengadopsi sebuah sandi dari film Barbarella. Nama Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiliogogogoch pun diambil. Sekaligus bertujuan menarik perhatian turis dari mancanegara.

Plang bertuliskan Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiliogogogoch sebagai nama desanya pun terpampang di sana. Sebenarnya, wisata di sana nggak ada apa-apa cuma hutan, perbuktian dan gereja kuno. Tapi nama desanya itulah yang bikin turis-turis datang karena penasaran.

Rencana penduduknya berhasil, desa yang dihuni 3 ribu orang ini selalu kedatangan sekitar 200 ribu turis per tahunnya. Tahun 2002, Guinness Book of Records pun menetapkan desa ini sebagai desa dengan nama terpanjang di dunia.

Mau datang ke Desa Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiliogogogoch ga?