Boneka Roh yang Bisa Menari di Samosir

LAZONE.ID - Konon, di zaman dulu boneka Si Gale-gale ini dimasukan roh orang yang meninggal dan bisa menari.

Loe pasti tahu kan tentang Danau Toba di Sumatera Utara. Tapi loe tahu juga nggak, kalo di sana ada boneka Si Gale-gale yang konon bisa menari tor-tor dan tangannya bergerak-gerak karena dimasukin roh orang yang meninggal.

Untuk bisa melihat Si Gale-gale, loe harus datang ke Pulau Samosir yang ada di tengah Danau Toba. Bisa sewa kapal dari pelabuhan di pinggiran Danau Toba seperti di wilayah Parapat. Harganya ratusan ribu, tergantung loe bisa tawar. Makin banyak orang bisa patungan bro.

Kembali ke cerita Si Gale-gale, itu adalah budaya orang Samosir. Mereka melakukannya sejak zaman dulu, jauh sebelum penjajah Belanda masuk ke Indonesia.
 


Jadi begini, untuk mengenang anggota keluarga yang meninggal, bonaka Si Gale-gale pun dibuat. Bahannya dari kayu, tapi dipakaikan baju dan kain ulos. Bentuknya pun seperti orang.

Lalu, saat perayaan hari-hari besar dan diadakan tarian tor-tor, dimasukanlah roh anggota keluarga yang meninggal tersebut ke boneka Si Gale-gale. Tangan bonekanya bergerak-gerak seperti menari sungguhan.

Kini, setelah agama masuk ke sana, tradisi Si Gale-gale dilarang. Bonekanya ditambahkan tali agar bisa digerakan dari belakang. Tapi katanya, masih ada yang benar-benar bergerak karena roh. Hiiiii...