Buka Mata Lo Kalo Hidup Enggak Selalu Ketergantungan Sama Teknologi dari Suku Baduy

LAZONE.ID - Kalo lo mau ngerasin hidup tanpa teknologi, coba aja main-main ke sana.

Kita saat ini emang udah hidup di era modern bro, apalagi sekarang semua udah serba canggih karena kemajuan teknologi. Tapi, ternyata masih ada orang-orang yang enggak mau hidupnya dipengaruhi oleh era modern seperti Suku Kanekes di Pedaleman Baduy.

Suku yang terletak di daerah Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten ini mengisolasikan diri dari arus kencang globalisasi. Eits tapi jangan salah, walaupun begitu masyarakat sana terkenal ramah-ramah banget loh, malahan ramahan doi daripada kita-kita.

Penduduk suku terbagi atas dua kelompok nih, ada Suku Baduy dalam dan luar. Nah tapi nih, Suku Baduy luar udah tersentuh yang namanya teknologi bro. Mereka udah mulai menggunakan alat elektronik seperti lampu, televisi, radio, dan handphone.

Berbeda dengan Suku Baduy dalam, yang benar-benar menjaga tradisi mereka dari pengaruh modernisasi. Bayangin bro, di sana mereka enggak diizinin pakai alat bermotor dan elektronik. Bahkan nih pakai bahan kimia seperti sabun mandi dan sabun cuci baju aja enggak diperbolehkan loh, waduh mereka kalo mandi pakai apa ya? hehe.

Walaupun begitu, tradisi itu dilakukan tentu bukan tanpa tujuan. Mereka percaya bahwa keseimbangan antara alam dan manusia hanya bisa terjadi jika manusia menjaga alam sepenuh hati.

Nah buat lo yang tertarik mau mencoba hidup tanpa adanya teknologi, lo coba aja datang ke sana. Lo bisa menginap di rumah penduduk sekitar. Enggak ada patokan harga kok kalo mau nginap di sana. Tuh, saking ramahnya mereka loh bro.