Bukan Pantai dan Batu Granit, Nih yang Lagi Ngehits di Belitung

LAZONE.ID - Danau kaolin lagi jadi primadona di Belitung. Orang-orang bilang pemandangannya udah kayak danau di luar negeri. Masa sih?

Danau Kaolin berada di Jalan Murai, atau sekitar 15 menit dari pusat Kota Tanjungpandan. Danau cantik ini memiliki paras putih yang memesona. Mirip-mirip Kawah putih di Jawa Barat tapi bedanya ini lebih luas dan lebih putih warnanya!

Sebenarnya ini merupakan sebuah tambang di Belitung. Semua hasil tambang ini pun menjadi penghasilan penduduk di sekitarnya. Namun sudah sejak lama dan sampe sekarang, kegiatan pertambangan di sini sudah tidak beroperasi seperti sedia kala. Bekas-bekas tambang Kaolin membentuk lubang-lubang galian dengan bentuk yang cukup besar.

Bebatuan di Kaolin putih dan air danau berwarna biru menjadi pemandangan yang tak biasa. Berbeda dengan Kawah Putih yang mempunyai bau belerang, Danau Kaolin tidak memiliki aroma yang membuat pengunjung menutup hidung mereka. Jadi makin nyaman jeprat-jepret kamera di sana.

Ketika musim kemarau tiba, kedalaman air danau mulai surut. Saat itulah, loe bakalan melihat gundukan-gundukan menyerupai gula halus atau salju nan putih. Cakep bener dah!

Waktu paling pas untuk berkunjung adalah pagi atau sore hari, karena matahari akan sangat menyengat saat siang. Atur pencahayaan kamera dan cari angle yang sempurna, agar hasil foto loe bener-bener kayak bukan di Indonesia aja.