Bukit-Bukit Unik Kayak Cokelat dari Filipina

LAZONE.ID - Namanya aja Chocolate Hills yang artinya Bukit-bukit Cokelat. Suatu fenomena alam yang unik di Filipina dan nggak ada di belahan Bumi lain.

Chocolate Hills berlokasi di Bohol, Filipina. Salah satu tempat wisata populer saat ini, menduduki peringkat nomor 6 dalam daftar Tujuh Keajaiban Baru dunia. Chocolate Hills terdiri dari sekitar 1.268 hamparan rumput kering berbentuk kerucut-membukit dengan ketinggian berkisar 40-120 meter.

The Chocolate Hills adalah keajaiban alam,  karenanya The Hills dikenal sebagai Monumen Geologi Nasional Filipina. Tempat ini diberi nama bukit cokelat karena, ketika musim panas tiba akan memiliki bentuk kubah, rumput-tertutup bukit kapur mengering dan sehingga daratan tersebut berubah warnanya menjadi cokelat. Diduga tidak ada pembentukan alam seperti ini di belahan dunia lainya.



Bagi loe yang suka fotografi tempat ini wajib didatangi. Vegetasi dari Chocolate Hills didominasi oleh spesies rumput keras seperti Imperata cylindrica dan Saccharum spontaneum. Beberapa Compositae dan pakis juga tumbuh disini. Di antara bukit-bukit, tanah datar yang ditanami dengan padi dan tanaman lain.

Namun, vegetasi alami pada Chocolate Hills sekarang terancam oleh kegiatan penggalian. Orang-orang Filipina dan para pecinta alam dari berbagai dunia pun menyuarakan akan menjaga tempat ini.