'Cahaya Surga' di Gunungkidul

LAZONE.ID - Konon Gua Jomblang di Gunungkidul ini dijadikan lokasi pembunuhan massal anggota PKI, tapi sekarang adalah tempat wisata indah dengan 'cahaya surga'.

Gua Jomblang berlokasi di Desa Jetis Wetan, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul. Dari pusat Kota Jogja, jaraknya sekitar 50 km. Kini, pengelolanya adalah Cahyo Alkantana, seorang ikon petualang Indonesia. Tapi tenang, banyak travel agent di Jogja yang menawarkan paket wisata ke Gua Jomblang.

Beranjak jauh ke belakang di tahun 1970-an, gua ini konon menurut masyarakat setempat dijadikan tempat pembunuhan massal oleh anggota PKI. Kemudian di 1984, Acintyacunyata Speleological Club (ASC), kelompok penjelajah gua dari Jogjakarta menemukan gua ini dan merawatnya.

Tahun 1990-an, masyarakat sekitar Gua Jomblang melakukan doa bersama. Mereka melakukan hal itu, karena ketika awal-awal ditemukan kabarnya banyak penjelajah gua yang hilang. Namun kini, Gua Jomblang sudah menjadi tempat wisata yang cantik, indah dan fotogenik.
 

Tipe Gua Jomblanga dalah tipe vertikal. Jadi, mulut guanya adalah bolongan besar dan dibawahnya adalah dasar gua. Untuk masuk ke sana, loe harus turun naik tali dengan teknik Single Rope Technic, alias teknik tali menali. Berapa kedalamannya? 70 meter bro!

Di dasar Gua Jomblang, petualangan belum selesai. Loe akan menyusuri hutan purba yang mana pepohonannya tidak ada di tempat lain. Terus, menelusuri sungai bawah tanah di kedalaman 125 meter dan melihat cahaya surga yang terkenal.

Satu hal yang jadi ikon dan paling terkenal di Gua Jomblang adalah 'cahaya surga'. Jadi ketika sudah turun, tengoklah ke atas. Guratan cahaya matahari yang masuk ke dalam guanya itulah, yang disebut 'cahaya surga'. Indah nian...