Cakep Bro! Sungai Lima Warna di Kolombia

LAZONE.ID - Warna air sungainya merah, biru, kuning, oranye dan hijau.

Ini baru cakep bro. Namanya Sungai Cano Cristales yang berada di Kota La Macarena, Kolombia. Warna air sungainya, merah, biru, kuning, oranye dan hijau. Orang-orang sampai menjulukinya Sungai Pelangi.

Warna merah, biru, kuning dan oranye terlihat jelas dari permukaan airnya yang bening. Di dasar sungainya, ada warna hijau. Suasana di sekitar sungainya masih alami karena tidak ada pemukiman penduduk. Udaranya begitu segar, pemandangannya indah.

Mungkin loe bertanya-tanya, kenapa air sungainya bisa berwarna-warni. Kalau warna hijau, itu berasal dari lumut. warna merah, kuning dan oranye berasal dari spesies tanaman endemik atau alga Macarenia clavigera yang menempel di bebatuan sungai. Sedangkan warna biru, adalah pantulan dari langit di permukaan air sungai.

 
 
Tapi ternyata, pemandangan seperti itu nggak terjadi setiap hari. Sungai ini bisa terlihat lima warna hanya pada bulan Juli sampai Desember. Sebab, saat itu temperatur udara cukup untuk menghangatkan lumut dan alga di sungainya. Sehingga mereka menjadi terlihat bermekaran.

Dari bulan Januari sampai Mei, Sungai Cano Cristales ditutup untuk umum agar ekologi di sana bisa 'berisitirahat'. Pengunjung yang datang juga harus memaati peraturan seperti dilarang berenang, menginjak lumut atau alga, dan minum minuman beralkohol di pinggir sungai. Tujuannya semata-mata agar kelestarian sungai ini tetap terjaga.

Keren kan bro sungai warna-warni ini?