Cemilan Khas Gunungkidul, Belalang Goreng!

LAZONE.ID - Gunungkidul nggak cuma asyik buat main-main ke pantai bro. Gunungkidul juga punya cemilan yang bikin penasaran buat dicoba, belalang goreng nih.

Gunungkidul, daerah di bagian selatan Daerah Istimewa Yogyakarta ini terkenal dengan banyak pantai-pantai eksotis. Rasanya ngomongin pantai di sana nggak pernah habis. Ada aja, pantai-pantai baru yang dilabeli perawan atau 'hidden paradise' karena belum terjamah manusia.

Tapi jangan cuma ngomongin pantai aja sob. Gunungkidul punya sesuatu yang jarang dimiliki daerah lain di Pulau Jawa. Khususnya soal kuliner, belalang goreng adalah cemilan khas daerah sini dan dijual bebas.



Ada banyak kios-kios dadakan yang menjual belalang goreng di sepanjang jalan di Gunungkidul. Gampang banget nyarinya, bisa di sekitaran daerah Wonosari, Paliyan, atau Semanu. Serta, di dekat pantai-pantai seperti Pantai Indrayanti.

Jika diperhatiin, rupa belalang goreng emang kayak kecoak. Namun begitu digigit dan dirasa dengan lidah, kata yang pernah ngerasain sih mirip-mirip kayak rasanya udang goreng. Unik nih bro, belalang goreng ini memiliki beberapa jenis rasa. Ada rasa original, ada pedas, dan pedas manis. Nyam.. nyam..

Konon katanyam belalang goreng mengandung kandungan vitamin A. Nggak cuma makan di tempat, tapi bisa loe beli buat oleh-oleh. Satu toples belalang goreng dikenai harga Rp 12.000. Sedangkan untuk ukuran yang lebih kecil, harganya Rp 6.000/bungkus.