Chefchaouen Si Kota Biru di Afrika

LAZONE.ID - Maroko, salah satu negara di Afrika punya tempat yang menawan. Chefchaouen, si kota serba biru yang kayak di film Smurf aja.

Chefchaouen atau Chaouen adalah kota di barat laut Maroko yang letaknya tak jauh dari Laut Tengah. Kota ini dikenal sebagai salah satu daerah wisata populer karena berdekatan dengan Tangier dan Tetouan. Kota ini punya ciri khas serba biru!

Chefchaouen didirikan pada tahun 1471 sebagai benteng perlindungan terhadap Portugis. Pendirinya adalah Moulay Ali Ben Moussa Ben Rached El Alam. Chefchaouen sempat pula dikuasai oleh Spanyol sebelum dikembalikan ke pangkuan Maroko pada tahun 1956.



Banyak alasan kenapa bangunan di sana warnanya biru. Ada yang bilang kalau cat biru disengaja untuk mengusir nyamuk, karena warnanya mirip dengan aliran air yang tidak disukai nyamuk. Ada pula yang berpendapat kalau warna biru dipilih untuk meniru warna Laut Tengah atau mata air Ras el-Maa yang ada di dekat sana.

Selain menikmati udara dan keindahan kota yang memiliki jalan berbentuk gang-gang ini, wisatawan bisa melakukan pendakian ke pegunungan Rif. Kota ini memang menjadi titik awal pendakian yang sangat pas. Mau melihat kota ini dari sudut yang sangat sempurna? Loe bisa mengunjungi Hotel Atlas. Ya, ini merupakan titik terbaik untuk melihat penorama terbaik suasana biru Kota Chaouen.