Cobain Berenang Bareng Hiu Paus di Pantai Botubarani

LAZONE.ID - Pas nih buat lo yang cari wisata anti mainstream

Bro, kalo lo lagi cari wisata yang enggak mainstream, cobain deh cabut ke Provinsi Gorontalo tepatnya di Pantai Botubarani, Kabupaten Bone Bolango. Pantai itu mendadak eksis di kalangan wisatawan lokal dan mancanegara karena keberadaan hiu paus (Rhincodon typus) yang menetap di pantai itu.

Spesies ikan terbesar itu adalah hiu pemakan plankton. Kebiasaan makannya dengan menyaring air laut seperti jenis paus lainnya. Kemunculan hiu paus di Pantai Botubarani dimulai sejak tiga tahun lalu seiring beroperasinya pabrik udang vaname di Botubarani.

Cobain Berenang Bareng Hiu Paus di Pantai Botubarani

Nah, dia itu ngebuang limbahnya ke laut, jadi hiu paus jadi tertarik dan dateng ke Pantai Botubarani. Limbah itu sendiri menyuburkan plankton yang jadi salah satu makanan hiu paus.

Ada sekitar 18 ekor paus yang muncul selang periode April sampai dengan Agustus. Lokasi di wisata itu juga gampang banget untuk diakses, karena hanya 20-30 meter dari bibir pantai. Lo enggak usah takut, hiu paus itu jinak kok dan lo boleh memberi makanan ke dia.

Untuk melihat hiu paus, lo harus nyewa perahu dengan harga Rp 15.000 per orang. Buat memancing hiu paus keluar permukaan air, setiap perahu dibekali makanannya, satu atau beberapa bungkus kulit udang yang dijual seharga Rp 10.000 per bungkus. Suasana di Botubarani sendiri masih suasana kampung. Keren kan, kapan lagi bro!