Cuma Ada di Magelang, Gereja Bentuknya Ayam

LAZONE.ID - Berdiri tahun 1990, gereja bentuknya ayam ini tidak berfungsi lagi dan terbengkalai tapi tampilan ayamnya masih terlihat jelas.

Di Desa Gombong, Magelang, Jawa Tengah ada gereja yang unik. Gereja ini nggak seperti gereja lain, karena bentuknya berupa ayam yang lengkap dengan kepala dan paruhnya.

Gereja Ayam terletak di salah satu punggung Bukit Menoreh. Dari Bukit Punthuk Setumbu puncak menaranya sudah kelihatan. Sejarahnya, gereja ini didirikan oleh seorang bernama Daniel Alamsjah di tahun 1990. Namun pada tahun 2000, pembangunan gereja ini terhenti karena terbatasnya dana.

Ceritanya begini, Daniel mendapat ilham atau wangsit dari Tuhan untuk membangun gereja di atas bukit. Jadilah, dia membangun gereja tersebut tapi sampai saat ini, belum diketahui pasti mengapa harus berbentuk ayam. Apa karena ingin terlihat unik dan mencuri perhatian orang!
 


Loe yang mau datang ke sana, harus trekking dulu selama 15 menit dari parkiran yang disediakan warga setempat. Tiket untuk melihatnya sebesar Rp 5 ribu aja bro. Dari luar, tampilan gereja ini benar-benar mirip ayam raksasa!

Di lantai bawah gereja ini terdapat beberapa ruangan, yang dulu digunakan untuk rehabilitasi para pecandu narkoba. Kini, Gereja Ayam telah terbengkalai dan nggak ada satu pun perabot di dalamnya. Meski begitu, malah jadi tempat wisata yang unik. Keren deh foto-foto di sini.