Danau Gunung Tujuh, Danau Tertinggi di Asia Tenggara

LAZONE.ID - Mitos di balik danau ini bakal buat lo merinding

Bro, di provinsi Jambi ada salah satu objek wisata andalan yaitu Danau Gunung Tujuh. Sesuai dengan namanya, danau ini terletak di Gunung Tujuh dan terjadi karena letusan gunung tersebut pada ratusan tahun yang lalu.

Nah kerennya, Danau Gunung Tujuh ini merupakan danau tertinggi se-Asia Tenggara dengan ketinggian 1.950 mdpl. Danau ini merupakan sumber mata air dari Sungai Batang Sangir serta Air Terjun Telun Berasap.

Ada mitos yang tersebar di Danau Gunung Tujuh ini. Masyarakat setempat percaya kalo danau ini merupakan danau keramat. Konon, danau ini dihuni dan dijaga oleh makhluk gaib yang berbentuk seperti manusia yang bernama Saleh Sri Menanti dan Lbei Sakti. Selain itu, ada juga para pengawal daripada mahkluk gaib tersebut yang berbentuk harimau. Waduh serem juga ya.

Kenapa danau ini diberi nama Danau Gunung Tujuh? soalnya danau ini dikelilingi oleh barisan pegunungan yang berjumlah tujuh buah. Yaitu Gunung Tujuh dengan ketinggian 2.735 mdpl, Gunung Jar Panggang dengan ketinggian 2.469 mdpl, Gunung Madura Besi dengan ketinggian 2.418 mdpl, Gunung Hulu Tebo dengan ketinggian 2.525 mdpl, Gunung Lumut dengan ketinggian 2.350 mdpl, Gunung Hulu Sangir dengan ketinggian 2.330 mdpl serta Gunung Selasih yang memiliki ketinggian 2.230 mdpl.

Danau Gunung Tujuh, Danau Tertinggi di Asia Tenggara

Kondisi alam di sini masih sangat alami, soalnya belum banyak wisatawan yang datang ke tempat wisata di Pulau Sumatera ini. Panorama danau ini bakal buat mata lo enggak mau merem sedikit pun bro. Ditambah, suasana di sini sejuk banget karena berada di daerah pegunungan.

Selain itu, air yang jernih akan buat mata lo terasa segar. Lo bisa kok menjelajahi danau ini dengan menyewa perahu dari masyarakat di sekitar danau yang juga berprofesi sebagai nelayan.

Di sekitar danau, lo bisa melihat beberapa tempat dengan hamparan pasir seperti di pantai. Nah di tempat itu lo bisa mendirikan tenda dan bermalam di danau ini. Kalo lo bermalam di sini, jangan lupa untuk melihat pesona matahari terbit di Danau Gunung Tujuh. Pokoknya gue jamin keren banget deh!

Danau Gunung Tujuh berada di Desa Pelompek, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Untuk menuju Danau Gunung Tujuh memang relatif jauh. Dari Kota Jambi, lo harus menuju Sungai Penuh menggunakan transportasi umum atau kendaraan pribadi dengan jarak kurang lebih 500 Km, yang membutuhkan waktu kurang lebih 10 Jam.

Sesampainya di Sungai Penuh, lo bisa melanjutkan perjalanan menuju Desa Pelompek yang berada di Kecamatan Kayu Aro dengan jarak kurang lebih 50 Km yang membutuhkan waktu kurang lebih 1.5 Jam.

Setelah sampai di Desa Kersik Tuo, lo bisa beristirahat dulu di rumah-rumah penduduk yang memang sengaja dibuat untuk homestay atau menitipkan kendaraan lo. Soalnya, buat mencapai Danau Gunung Tujuh, lo harus berjalan kaki sekitar 2-3 jam.