Danau Mistis dengan Air Berwarna Merah di Bengkulu

LAZONE.ID - Malam harinya danau ini berbau pandan

Bro, ternyata warna air di danau enggak semuanya identik dengan hijau dan biru. Enggak percaya? ada nih danau di pedalaman Bengkulu yang warna airnya bewarna merah darah dan berbau pandan saat malam hari.

Jadi, danau darah ini bernama Danau Merah Rimba Candi. Danau ini terletak di sekitar perbukitan Raje Mandare, perbatasan Pagaralam dan Kabupaten Kaur Propinsi Bengkulu.

Luas Danau Merah Rimba Candi sekitar 6 hektar. Kalo mau ke sini, lo akan menghabiskan waktu sekitar 1 hari perjalanan dari pusat kota. Kawasan ini ditemukan oleh beberapa warga yang lagi melakukan ekspedisi pada tahun 2010. Nah katanya, di sekitar danau dan kawasan hutan itu ada beberapa hewan aneh yang hanya ada di situ.

Danau Mistis dengan Air Berwarna Merah di Bengkulu

Contohnya kaya kelabang berukuran raksaka dengan panjang 50 cm dan lebar 30 cm, burung raksasa (masih belum diketahui jenisnya), sama kerbau dengan telinga yang penuh dengan sarang lebah.

Enggak cuma itu, selain danau ini bewarna merah tapi danau ini juga mempunyai bau yang sangat khas. Di siang hari, danau ini enggak ada bau apa-apaan nih. Tapi pas malam hari, tiba-tiba kawasan ini akan bau pandan. 

Konon, daerah Rimba Candi ini adalah kawasan candi pertama di Sumatera. Kemudian datanglah rombongan Kyai Subroto untuk menyebarkan ajaran Islam. Namun masyarakat desa Rimba Candi menolak rombongan Kyai Subroto dan melawan mereka.

Nah munculnya danau darah ini katanya memiliki hubungan erat sama kejadian rombongan Kyai Subroto. Tapi enggak ada yang tahu dengan pasti soal kebenaran cerita ini sih.