Danau Sebening Kaca di Jambi

LAZONE.ID - Saking jernihnya lo bisa ngeliat dasar danau.

Di Jambi, ada destinasi cantik yang mungkin enggak ada duanya di Indonesia. Tepatnya di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat, Desa Lempur, Kecamatan Gunung Raya, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi, ada danau sebening kaca yang bernama Danau Kaco.

Danau ini bening banget bro seperti kaca, bahkan saking jernihnya lo bisa ngeliat dasar danau yang dipenuhi batang-batang kayu.

Kalo lo mau ke Danau Kaco, lo harus menyiapkan fisik yang prima nih. Soalnya, lo harus jalan selama kurang lebih 2,5 jam. Tapi gue jamin, semuanya akan terbayar saat lo lihat keindahan danau itu. 

Di lokasi danau ini, banyak loh wisawatan yang sengaja mendirikan tenda untuk bermalam. Soalnya, saat kondisi gelap atau malam hari Danau Kaco akan bersinar terang kebiruan. Apalagi kalo pas banget ada bulan purnama.

Keunikan lain dari danau ini ialah spesies ikan semah. Bagi masyarakat Jambi, khususnya Kerinci, ikan semah dikenal sebagai ikan enak dan mahal. Bahkan sisik ikan semah aja bisa dimakan.

Tapi, jangan harap lo bisa ambil ikan semah di Danau Kaco bro. Kalo ketawan lo bakalan dikenakan sanksi adat. Ada sedikit kisah sedih di balik Danau Kaco. Kata warga sekitar, ada seorang putri dari Raja Gagak yang cantik. Karena itu, banyak dari seantero Kerinci yang ingin meminang putri Raja Gagak itu.

Raja gagak terkenal serakah, sampai ia banyak meminta berbagai macam harta pinangan dari setiap pemuda yang ingin melamar putrinya itu. 

Karena keserakahannya itu, sang putri ternoda dan dibenamkan ke dalam danau sama seluruh harta pinangan yang dikumpulkan Raja Gagak.