Danau Tiga Warna yang Mendunia dari Indonesia

LAZONE.ID - Danau Kelimutu punya tiga warna, hitam, biru tua, dan biru yang cantik banget.

Danau Kelimutu di Kecamatan Kelimutu, Ende, NTT. Danau ini sebenarnya danau kawah yang ada di Gunung Kelimutu. Loe harus berjalan sepanjang 3 kilometer dan melewati 236 anak tangga untuk mencapai Puncak Kelimutu.

Barulah sampai di puncaknya, loe akan melihat tiga danau dengan tiga warna yang berbeda. Ada yang berwarna hitam, biru tua dan biru. Ketiga danaunya berlokasi berdekat-dekatan. Tapi kalau ambil fotonya pakai drone, pasti cakep abis!

Masyarakat di sana punya nama tersendiri untuk danaunya. Nama ketiga danau tersebut adalah Danau Tiwu Ata Mbupu yang merupakan tempat arwah para orangtua, Danau Tiwu Ata Polo yang ditempati oleh arwah para orang jahat dan Danau Tiwu Nuamuri Koofai tempat berkumpulnya arwah anak-anak muda. Ketiga danau ini diyakini sebagai tempat bersemayamnya para arwah dan disakralkan.

Bila beruntung, loe akan melihat warna-warna yang berubah warna, seperti warna merah menjadi hijau dan lainnya. Hal ini disebabkan oleh faktor kandungan mineral, lumut dan batu-batuan di dalam kawah dan juga pengaruh cahaya matahari.

Paling enak ke sana pas sunrise. Jadi kala Sang Surya keluar dari tidurnya, menambah cantik pemandangan di Danau Kelimutu. Danau yang namanya sudah mendunia, incaran turis mancanegara.