Danau Tolire dan Mitos Buaya Putih

LAZONE.ID - Danau Tolire di Ternate menyimpan banyak cerita, dari mitos buaya putih sampai batu yang tak bisa menyentuh permukaan airnya.

Indonesia punya banyak banget danau bro. Mungkin selama ini loe cuma tahu Danau Toba aja. Di Ternate, Maluku Utara sana juga terdapat danau cantik bernama Tolire. Nggak sembarang cantik, tapi ada pula cerita-cerita yang tidak masuk di akal.

Danau Tolire terletak di Desa Takome, kecamatan Pulau Ternate, 20 km dari kota Ternate. Jarak tempuh menuju Danau Tolire bisa dicapai 40 menit menggunakan mobil. Berbagai warung makan dan tempat parkir kendaraan sudah tersedia. Fasilitasnya sudah cukup okelah.

Danau Tolire cukup luas, seluas 5 hektar. Danau ini permukaan airnya hijau dan berbentuk bundar. Pepohonan lebat seolah mengepung pinggiran danaunya. Maka, kita cuma bisa melihatnya dari ketinggian saja.



Di balik kecantikannya, Danau Tolire memiliki mitos. Mitos mengenai buaya putih yang kerap muncul dan terlihat di permukaan air. Konon kabarnya, itu adalah perwujudan siluman yang menjaga danau tersebut. Percaya nggak percaya sih bro.

Yang lainnya, ini yang bikin geleng-geleng kepala. Coba deh loe lempar batu dan lihat, batunya sampai ke permukaan air nggak. Pasti hasilnya... nggak!

Beneran bro, sekuat apapun loe ngelempar batu ke Danau Tolire, batunya nggak bakal kelihatan menghantam permukaan air. Masyarakat setempat, sudah tahu tentang hal ini dari dulu. Maka nggak heran, kalau mereka nggak berani berenang di danaunya dan melarang orang-orang untuk ke dekat danau.