Desa FTV di Bali

LAZONE.ID - Penglipuran adalah desa yang masih asri dan menjaga tradisi. Saking 'alaminya', desa ini nggak keitung udah berapa kali jadi tempat syuting FTV.

Desa Penglipuran di Kabupaten Bangli, Bali. Desa yang asri banget banget banget. Udaranya bersih, penuh pepohonan hiaju dan nggak ada kendaraan. Suasananya tenang penuh damai. Nggak kaget sih, kalau film-film FTV (film televisi) yang populer banget di stasiun layar TV syuting di sini. Sampe-sampe julukannya Desa FTV.

Penglipuran berasal dari kata Pengeling Pura yang artinya tempat suci untuk mengenang para leluhur. Desa ini berada di ketinggian 700 mdpl sehingga anginnya cukup sejuk, walaupun matahari cukup terik. Asyik sob…



Di setiap tepi jalan ditanami rumput hijau dan bunga warna-warni yang memanjakan mata. Ada kamboja, bugenvil, kembang sepatu, hingga mawar. Ada 200 rumah di sana, yang tiap rumah pasti terbuka untuk siapa saja. Penduduknya ramah memberikan kehangatan.

Tiap rumah setidaknya punya 3 bangunan yaitu rumah pribadi, bale-bale, dan kompleks pura. Pura mini di tiap rumah, cantik sekali! Semenjak desa Penglipuran terlihat disalah satu stasiun TV Indonesia, yang digunakan sebagai tempat shooting FTV (film televisi), minat wisatawan domestik untuk mengunjungi desa Penglipuran Bali semakin tinggi.

Karena tidak ada sarana transfortasi umum untuk menuju lokasi desa Penglipuran Bangli, maka cara terbaik untuk wisata ke desa Penglipuran Bangli adalah menggunakan jasa rental kendaraan. Lokasinya nggak jauh dari Kintamani.