Desa Tanpa Maling, Rumahnya Tanpa Pintu

LAZONE.ID - Pernah tidak terpikir di benak loe suatu desa yang rumahnya tanpa pintu. Beneran ada nih di India, desa yang katanya paling aman karena setiap rumah nggak punya pintu.

Bayangkan rumah-rumah tanpa pintu, toko-toko yang dibiarkan tak dikunci dan orang-orang yang tak pernah merasa tidak aman. Begitulah kisah tentang kampung Shani Shingnapur di negara bagian Maharashtra, India. Para penduduknya menafikan keamanan karena keyakinan atas Dewa Shani, atau Dewa Saturnus, yang melindungi desa.

Kekuatan Shani sangat besar, jadi jika ada orang yang mencuri maka pencuri itu akan mendadak linglung. Ia akan merasa terus berjalan sepanjang malam dan berpikir telah meninggalkan desa. Namun saat matahari muncul, si pencuri akan sadar kalau dia hanya berjalan di tempat.



Penduduk biasanya menaruh potongan papan kayu di depan pintu agar anjing jalanan tidak masuk ke dalam rumah. Meski tanpa pintu dan warga dengan tenang meninggalkan perhiasan maupun uang begitu saja di dalam rumah, karena yakin pelindung suci mereka akan menjaganya. Bahkan kamar mandi umum di alun-alun desa hanya ditutup dengan selembar tirai.

Warga juga tidak pernah meminta tetangga untuk menjaga rumah mereka jika bepergian ke luar kampung. Kepercayaan lain selain si puncuri tadi yang linglung, mereka yakin bahwa pencuri akan langsung dihukum menjadi buta dan orang yang tidak jujur akan dikutuk selama tujuh setengah tahun. Hingga saat ini, populasi penduduk desa Shani Shingnapur mencapai sekitar 5 ribu jiwa. Tak ayal, keunikan desa tersebut pun mengundang daya tarik.