Detox Koneksi di Kota Ini

LAZONE.ID - Siapa yang nyangka jika ada sebuah tempat yang sama sekali nggak boleh tersentuh teknologi.

Melihat teknologi yang udah segila ini perkembangannya, membayangkan seseorang hidup tanpa bersinggungan sedikit pun dengannya sangat jarang terjadi bahkan mustahil. Gimana seseorang bisa tinggal tanpa menggenggam smartphone atau menonton televisi tiap harinya. Tinggal di tempat terpecil yang nggak tersentuh peradaban juga sama menyusahkannya. Tapi, siapa yang menyangka jika dua hal tersebut ternyata benar-benar ada.

Tapi, ketika loe berkunjung ke Green Bank yang ada di Viginia, Amerika Serikat ini, pasti bakal percaya. Pasalnya, loe nggak bakal menemukan apa pun yang berbau teknologi di sini. Mulai dari televisi, smartphone, bahkan sebuah radio sekalipun. Tapi, jangan anggap kota ini benar-benar buta teknologi.

Green Bank ini ternyata menyimpan hal luar biasa yang nggak pernah loe bayangkan. Tempat ini memiliki satu perangkat canggih yang mungkin hanya ada satu di dunia. Alat ini bernama Robert C. Byrd Green Bank Telescope (GBT). Device canggih ini bertugas untuk menangkap sinyal-sinyal asing yang datangnya dari luar angkasa. Kalau alien itu ada, maka tempat ini bakal pertama kali yang mengetahuinya.

©Flickr/Mark Plummer

Punya usut ternyata larangan penggunaan teknologi di Green Bank ada maksudnya. Hal tersebut nggak lain karena setiap sinyal elektromagnetik yang dihasilkan benda apa pun bakal mengganggu sistem GBT tersebut. Bahkan mobil berbahan bakar bensin pun dilarang karena mampu menimbulkan percikan listrik statis yang juga dianggap bisa mengganggu.

Nggak hanya teknologi, tempat ini juga nggak memiliki fasilitas layaknya sebuah kota. Pasar, rumah sakit, restoran hingga toko nggak bakal loe lihat di tempat ini. Meskipun begitu, tempat ini sangat tenang dan peaceful banget. Penduduknya pun jarang merasakan sakit karena sama sekali bebas dari radiasi elektromagnetik.  Unik dan satu-satunya di dunia. Berminat mengunjunginya, Bro?