Di Kota Ini Pesawat Mendarat di Jalan Raya

LAZONE.ID - Kalau pesawatnya mau mendarat, mobil-mobil akan berhenti dan jalan raya jadi kosong untuk tempat landing.

Di Gibraltar di bagian selatan Eropa ini, landasan pacu bandaranya memotong tengah-tengah jalan raya. Beneran bro, loe nggak salah baca. Landasan pacunya memotong jalan raya yang dipakai untuk kendaraan mobil, motor dan bis.

Gibraltar adalah sebuah kota di selatan Spanyol, di tepi Laut Mediterania. Kota ini berada di dalam teritori Inggris. Gibraltar memiliki sebuah Bandara Internasional Gibraltar dengan landasan pesawat yang biasa saja. Hanya saja, landasan yang sangat unik atau aneh. Sebab landasannya memotong jalan raya yang panjangnya 1,8 kilometer.

Jalan raya itu namanya Winston Churchill Avenue. Jalanan yang ada di tengah kota dan merupakan jalan yang paling padat. Saat pesawat hendak mendarat, kendaraan akan berhenti dan petugas bandara dengan sigap memberikan tanda. Dan... pesawat mendarat tepat di tengah jalan yang kanan kirinya kendaraan lagi berhenti!
 
 
Mengapa sih landasan pacunya di jalan raya? Jawabannya adalah kota Gilbartar terlalu kecil. Pemerintah setempat memang butuh bandara, agar memudahkan transportasi warganya ke negara lain. Namun di lain sisi, tanah di sana sudah penuh. Landasan pacu yang sudah dirancang, mau tak mau harus memotong jalan raya dan pesawat akan lewat di situ.

Walau begitu, warga setempat memaklumi dan tidak protes. Bagi turis, justru itu malah jadi hal unik, melihat pesawat mendarat di jalan raya. Bandara Gibraltar rata-rata kedatangan 30 pesawat seminggu. Jika dirata-rata, berarti hanya 5 penerbangan yang datang setiap hari.

Tengok kanan kiri dulu sebelum nyebrang di sana, kali aja ada pesawat!