Di Sulawesi Tengah Ada Sumur Raksasa Terbesar di Dunia

LAZONE.ID - Dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit,  

Memang ya bro di Sulawesi itu banyak banget tempat wisata bahari yang keren banget, sebut aja kaya Pulau Tinabo, Wakatobi dan Bunaken yang sering dijadikan incaran para wisatawan. 

Tapi lo tau enggak, kalo di Sulawesi itu enggak cuma ada wisata bahari aja tapi ada juga sumur raksasa yang wajib lo datengin. Bukan sembarang sumur, tapi sumur ini punya pesona yang enggak dimiliki sumur lainnya. 

Pasti lo mikirnya sumur itu pasti sumber air galian yang ada di rumah dan airnya diambil dengan cara ditimba. Tapi, sumur yang satu ini enggak kaya sumur pada umumnya. 

Berlokasi di Provinsi Sulawesi Tengah, tepatnya di Dusun Simbe, Desa Limboro, Kecamatan Banawa Tengah, Kabupaten Donggala. Sumur raksasa ini bernama Pusentasi yang berasal dari bahasa Kaili atau suku asli Sulawesi tengah, “Pusen” punya arti Pusat, sedangkan “Tasi” berarti laut.
 

sumur

Pusentasi atau yang lebih dikenal dengan nama Pusat Laut Donggala ini adalah sumur raksasa yang mempunyai diameter 10 meter dan punya kedalaman 7 meter. Kalo lo masuk ke dalam, lo akan merasakan air yang jernih dengan warna yang sangat biru. Pokoknya kaya air laut gitu lah. 

Konon, katanya di sini ada kaya lubang atau terowongan yang bisa menghubungkan pusat laut Donggala dengan pantai soalnya jaraknya dari bibir pantai cuma sekitar 500 meter.

Jadi jangan heran kalo air di Pusat Laut Donggala itu asin dan mengalami pasang surut. Sumur raksasa ini juga disinyalir jadi sumur raksasa pertama di dunia. 

Enggak cuma itu, air di Pusat Laut Donggala ini juga dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit, apalagi penyakit kulit. Jadi jangan heran kalo banyak wisatawan yang datang ke sini cuma buat ngambil airnya.