Dunia Bawah Laut Indonesia yang Indah Bernama Togean

LAZONE.ID - Indonesia diberkahi dunia bawah laut yang indah. Satu lagi yang jarang orang tahu, namanya Togean di Sulawesi Tengah.

Togean merupakan taman nasional yang terletak di Teluk Tomini, Sulawesi Tengah yang diresmikan pada tahun 2004. Secara administrasi wilayah ini berada di Kabupaten Tojo Una-una. Kepulauan ini dikenal kaya akan terumbu karang dan berbagai biota laut yang langka dan dilindungi. Beberapa aksi wisata yang dapat dilakukan di Kepulauan Togean antara lain: menyelam dan snorkelling di Pulau Kadidiri, memancing ,menjelajah alam hutan yang ada di dalam hutan yang ada di Pulau Malenge, serta mengunjungi gunung Colo di Pulau Una-una.

Perairan di Togean biru jernih bro. Saking jernihnya loe akan ngeliat terumbu karang beraneka warna dari atas air, tanpa perlu menyelam. Toegan punya luas area 292 ribu hektar lautan dan 70 ribu hektar daratan. Kepulauan ini meliputi 6 pulau besar serta 60 pulau yang lebih kecil yang tersebar di sepanjang jarak 90 kilometer.
 


Kepulauan Togean termasuk bagian penting dari segitiga terumbu karang dunia, yaitu Sulawesi, Filipina dan Papua Nugini. Terumbu karangnya masih sangat sehat dan alami sehingga para wisatawan yang datang ke sini tidak akan melewatkan kesempatan untuk menyelam dan menikmati pemandangan tersebut.

Untuk menuju Kepulauan Togean, loe pertama harus ke Kota Ampana (ibukota Kabupaten Tojo Una-Una) terlebih dulu, yang berjarak sekitar 8-10 jam perjalanan dari ibukota Sulawesi Tengah, Palu. Kemudian, perjalanan dilanjutkan dengan menaiki kapal motor selama 4-5 jam menuju Pelabuhan Wakai, yang merupakan ibukota dari pulau terbesar di sana, yakni Pulau Batudaka.

Loe juga bisa bertolak dari Kota Gorontalo dengan durasi perjalanan serupa. Kalo loe tidak punya banyak waktu, perjalanan menggunakan kapal cepat bisa jadi pertimbangan utama, karena hanya menghabiskan sekitar 3-4 jam.

Togean juga masih tenang dan sunyi suasananya. Bener-bener paradise!