Eksotisme Gurun Pasir Ala Pantai Oetune di Timor Tengah Selatan

LAZONE.ID - Kata siapa di Indonesia enggak ada gurun pasir?

Kata siapa di Indonesia enggak ada gurun pasir yang keren? masih sejajar dengan Pantai Kolbano, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), ada sebuah pantai yang dapat dibilang unik dengan hamparan pasir putihnya, yakni Pantai Oetune.

Pantai Oetune terletak di Oebelo, Amanuban Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan, NTT. Enggak cuma hamparan pasir yang lembut, Pantai Oetune juga memiliki gelombang ombak pecah yang sangat unik di setiap gulungannya. Ditambah, di sepanjang batas pantainya ada Pohon Kasuari yang diperkirakan berusia hingga puluhan tahun.

Eksotisme Gurun Pasir Ala Pantai Oetune di Timor Tengah Selatan

 

Enggak jauh dari lokasi pantai, ada sebuah hamparan lautan padang pasir dengan luas mencapai 100 meter persegi di sepanjang pantainya, pokoknya mirip banget kaya gurun pasir di Negeri Timur Tengah. Lo juga bisa menikmati keindahan Pantai Oetune dengan bermain-main di sekitar kawasan gurun pasirnya.

Jajaran Pohon Lontar juga ikut menghiasi lanskap Pantai Oetune. Banyak masyarakat sekitar lokasi mejajakan buah lontar kepada para pengunjung. Tenang aja, lo cuma harus bayar sekitar Rp 3-5 ribu aja kok perbuahnya dan bisa langsung menikmati kesegaran air dan daging buah lontar ini sambil menikmati pesona laut dan padang pasir khas Oetune.

Pantai Oetune berjarak sekitar 115 km dari Kota Kupang. Kalo lo mau ke sini dari Kota Kupang, dibutuhkan waktu tempuh sekitar 2,5-3 jam lamanya dengan kendaraan pribadi. Lo bisa melintasi jalur lintas selatan dengan kondisi jalan bervariatif, mulai dari jalanan yang berkelok-kelok dan naik turun bukit dan lembah. Untuk masuk ke Pantai Oetune, lo dikenakan tarif masuk Rp 3 ribu dan Rp 1 ribu buat biaya parkir motornya.