Fakta Unik Kalibiru, Sungai Tersembunyi di Raja Ampat

LAZONE.ID - Airnya sejernih kristal bro

Udah pernah denger Kalibiru belom? sungai tersembunyi yang ada di Raja Ampat. Lo harus tau nih, di Raja Ampat tuh enggak cuma pantai dan pasirnya aja yang keren, di sini juga ada wisata yang masih belum banyak orang ketahui.

Fakta Unik Kalibiru, Sungai Tersembunyi di Raja Ampat

Kalo ke Raja Ampat, cobain deh jelajahi alamnya yang masih perawan itu. Lo harus cabut ke salah satu destinasi yang keren yaitu Kaliburu yang masih alami banget.

Enggak percaya? simak deh fakta unik tentang Kalibiru di bawah ini:

Letaknya di Pedalaman Raja Ampat

Kalibiru terletak di pedalaman hutan Raja Ampat tepatnya dekat dengan Kampung Warsandim, Teluk Mayalibit. Kalo ditempuh dari Waisai, lo butuh waktu kurang lebih 1 jam dengan speedboat.

Enggak cuma itu bro, lo masih harus melanjutkan perjalanan dengan trekking dari muara tempat kapal bersandar, hingga masuk ke dalam hutan. Ya kira-kira butuh waktu sekitar 30 menitlah untuk sampai ke Kalibiru.

Airnya berwarna biru jernih

Kenapa diberi nama Kalibiru? soalnya warna air di sungai itu berwarna biru jernih. Warnanya sangat alami, bukan disebabkan oleh pencemaran limbah ya. Dalam bahasa lokal Papua, Kalibiru disebut sebagai Warabiae. Artinya kurang lebih sama, sungai yang berwarna biru jernih.

Bisa melihat hingga ke dasar sungai

Karena airnya jernih banget, lo sampai bisa ngeliat ke dasar sungainya bro. Bebatuan besar di dasar sungai bisa terlihat dengan jelas menggunakan mata telanjang.

Air di sini juga sangat tenang, jadi lo bisa ngeliat berapa dalamnya Kalibiru ini. Diperkirakan, kedalaman Kalibiru mencapai 5 meter. Lo boleh kok berenang di sana, tapi tetep harus jaga kebersihannya ya.

Airnya sedingin es

Nah, air di Kalibiru ini suhunya sedingin es loh. Diperkirakan, suhunya sekitar 10-20 derajat celcius. Enggak percaya? coba aja buktiin, masukin airnya ke dalam botol air mineral bekas. Pasti abis itu air Kalibiru ini langsung berembun, kaya dimasukkin ke kulkas. Airnya juga bisa langsung lo minum kok, soalnya air ini berasal dari sumber mata air alami pegunungan yang aman untuk dikonsumsi.