Gak Pakai Staf, Hotel Buddy Jadi Murah

LAZONE.ID - Mau nginap di hotel tanpa ketemu staf atau ribet check-in? Johannes Eckelmann, pendiri grup perhotelan Cocoon Hotels di Jerman lagi ngembangin hotel yang bisa dioperasikan dengan biaya minim.

Mau nginap di hotel tanpa ketemu staf atau ribet check-in? Johannes Eckelmann, pendiri grup perhotelan Cocoon Hotels di Jerman lagi ngembangin hotel yang bisa dioperasikan dengan biaya minim. Setelah sukses dengan konsep budget hotel yang operasionalnya 90 persen terisi terus, ia lalu menggali ide ini : nggak perlu staf lagi buat ngurusin tamu.

Dari sebuah bekas gedung perkantoran di pusat kota Muenchen, Eckelmann bikin 75 unit kamar dan diberinya nama Hotel Buddy. Mulai booking, check-in, milih parkir, dan memandu tamu sampai di kamar, semuanya menggunakan teknologi cloud dari Hetras. Manajer penjualan Hetras, Tanja Baier bilang, "Seperti halnya check-in online buat pesawat, hotel ini juga mirip. Nggak usah ngantre berdiri."

Jadi, calon penginap akan dapat email berisikan data di lantai mana dia akan ditempatkan, terus sign in via tablet. Kunci kamar sudah disiapkan lewat mesin dan kartu cukup dibaca oleh pintu lift, langsung menuju lantai mereka.

Check in online dan check in di hotel tanpa panduan staf hotel dan ambil kunci kamar lewat mesin sebenarnya juga sudah sangat populer di London, lebih dari dua tahun terakhir. Sementara soal pintu lift membaca kunci kamar, juga sudah biasa ditemukan di banyak apartemen di Jakarta dan hotel-hotel.

Lalu bedanya di mana? Ya peniadaan staf alias orang betulan yang memandu proses tamu mulai check in sampai masuk kamar itulah. Untuk soal bersih-bersih kamar, masih perlu jasa house keeping sih. Kalau sampai pakai tenaga robot, baru bolehlah diklaim bahwa hotel Pak Eckelmann bebas staf sama sekali.

Toh, karena biaya buat gaji alias uang jasa para staf sudah banyak dikurangi, maka harga kamar hotel ini dinyatakan Eckelmann jauh lebih murah. Dan lokasinya di pusat kota lagi. Sukses tadi, membuatnya pengin mengubah jaringan hotelnya, Cocoon Hotels dengan sistem lebih efisien dan murah mirip Hotel Buddy.