Gereja Bentuknya Organ Raksasa

LAZONE.ID - Gereja Hallgrimskirkja di Islandia nggak cuma sebagai tempat ibadah. Bangunannya dibuat artistik berupa organ raksasa. Keren bro!

Gereja Hallgrimskirkja adanya di Reykjavik, Islandia. Dirancang oleh Gudjon Samuel pada tahun 1937, Gereja Hallgrimskirkja menjadi salah satu tempat ibadah sekaligus karya seni yang spektakuler. Lihat aja bro, bentuknya kayak organ raksasa gitu. Organ adalah alat musik yang mempunyai suara yang unik. Sekarang, organ diproduksi dengan cara elektronik. Namun, pada awalnya, suara organ didapat dari pipa. Suara yang dihasilkan organ sangat unik. 

Konstruksinya dimulai tahun 1945 dan selesai pada tahun 1986. Daya tarik gereja ini terletak pada organ raksasa setinggi 15 meter dengan berat 25 ton yang karyanya dibuat orang lain, Johannes Klais dari Bonn. Organ tersebut juga memiliki 5.275 pipa yang dapat menghasilkan beragam jenis suara.

Nah di depan gereja berdiri patung dari Leifur Eiriksson, seorang penemu benua Amerika berkebangsaan Islandia. Sejarah menuliskan kalau Leifur sudah tiba 500 tahun sebelum Christopher Columbus tiba. Baru tau kan loe.

Gereja Hallgrimskirkja terletak di Hallgrimstorg 1. Semua orang dibuat kagum sama gereja ini. Banyak yang ngira kalau itu bukan gereja, melainkan gedung pertunjukan seni. Tapi di dalamnya, memang benar-benar sebagai tempat ibadah.