Gili Selatan, Enggak Kalah Seksi Bro!

LAZONE.ID - Gugusan 4 pulau di selatan ini adalah Gili Nanggu, Gili Tangkong, Gili Sudak dan Gili Kedis. Sarana dan prasarana memang enggak sekomplet yang di utara, tapi justru ini daya tariknya.

Senggigi atau trio Gili di pantai Utara Lombok, pasti udah tahu semua loe. Gili Terawangan, Gili Meno dan Gili Air yang kini seperti miniatur Bali. Tapi jangan kayak orang kebanyakan deh bro. Gili yang artinya pulau, di pantai selatan Lombok, enggak kalah seksi loh. Lebih sepi, lebih alami, pas banget kalau mau ngerasain pulau milik loe sendiri.


Gugusan 4 pulau di selatan ini adalah Gili Nanggu, Gili Tangkong, Gili Sudak dan Gili Kedis. Sarana dan prasarana memang enggak sekomplet yang di utara, tapi justru ini daya tariknya. Yang penting, transportasinya gampang banget, bro. Cukup nyebrang dari pelabuhan kecil di Desa Tawun, Sekotong pakai boat. Biaya penyeberangan ke satu Gili, cukup rogoh kocek sebesar Rp 200 ribu, dua Gili Rp 230 ribu dan tiga Gili Rp 280 ribu.


Biasanya, para wisatawan yang datang dari Pelabuhan Tawun, langsung menyeberang ke Gili Nanggu untuk berjemur di pantai berpasir putihnya, berenang, snorkelin atau diving. Di sini juga terdapat penangkaran penyu yang terbuka untuk umum.

Sejak tahun 1995, Gili Nanggu ikut berperan dalam kegiatan konservasi alam melalui Gili Nanggu Turtle Conservation Program. Dalam 11 tahun terakhir, program ini sukses menetaskan sekitar 4.500 telur penyu. Kalau mau berlama-lama, tinggal nginep di Gili Nanggu Cottages dan Bungalow, bro.


Sementara Gili Kedis, pulau karang kecil seluas sekitar 2,5 hektar, dijuluki sebagai Romantic Island. Gili Kedis juga jadi magnet terakhir petualangan empat Gili di wilayah Selatan Pulau Lombok, bro.

“Saking berkesannya, para tamu yang pernah berkunjung ke gugusan empat Gili ini, ketika mereka datang kembali ke Pulau Lombok, pasti akan berkunjung ke tempat ini, khususnya Romantic Island,”ujar Herry Sabwan, guide di pulau tersebut.