Grand Canyon Ala Indonesia: Lembah Harau

LAZONE.ID - Grand Canyon di Amerika adalah tebing-tebing tandus yang tingginya mencapai puluhan meter. Di Indonesia juga ada bro, ini nih Lembah Harau!

Grand Canyon di Amerika emang cakep. Tebing-tebing tandus yang gersang, dengan banyak formasi batuan. Nggak usah jauh-jauh ke sana, di Sumatera Barat ada tebing-tebing kayak gitu. Lebih cakepnya lagi, dipenuhi pepohonan hijau!

Lembah Harau terletak di Kabupaten Lima Puluh Kota, dua jam naik mobil dari Padang. Luas Lembah Harau mencapai ribuan hektar. Tebing-tebingnya itu merupakan tebing-tebing granit, curam setinggi 80-300 meter.

Pagar tebing cadas yang curam dan lurus berwarna kemerah-merahan tegak mengelilingi lembah begitu menawan untuk loe pandang dan sempurna dalam rekaman foto. Dinding curam bukan hanya menjadi daya tarik bagi fotografer tetapi pemanjat tebing pun tertarik memanjat dinding di lembah ini dimana terdapat 300 lokasi panjat tebing.



Tidak hanya menyaksikan kemegahan tebingnya, di sini juga terdapat beberapa air terjun, seperti Sarasabunta. Letaknya tidak jauh dari pintu masuk dan terasa sangat menyegarkan. Air terjun ini mengalir dari ketinggian lebih dari 20 meter, percikannya terasa dingin menyejukan.

Sejak tanggal 10 Januari 1993 Lembah Harau telah ditetapkan oleh pemerintah sebagai Cagar Alam dan Suaka Margasatwa. Salah satu hewan khas yang hidup di dalamnya adalah Macaca fascirulatis atau Monyet ekor panjang. Hewan ini termasuk spesies langka hewan endemik Sumatera. Lengakp deh, trekking bisa, ketemu satwa bisa, main ke air terjun bisa, panjat tebing bisa, foto-foto pun bisa.

Bawa kamera loe, jalan-jalan terus foto-foto deh di sini. Pasti orang-orang yang liat langsung ngomong, "ini di luar negeri bro?".