Gua di Selandia Baru yang Penuh Bintang

LAZONE.ID - Di dinding dan langit-langit guanya, ada cacing yang mengeluarkan cahaya biru dan hijau yang seolah terlihat seperti cahaya bintang.

Siapa bilang bintang cuma ada di atas langit? Coba loe ke Gua Waitomo Glowworm di Selandia Baru deh. Guanya yang gelap, tapi dipenuhi cahaya seperti cahaya bintang-bintang. Ajaib!

Gua Waitomo Glowworm lokasinya di North Island. Untuk menjelajahi guanya, loe harus naik perahu dan ditemani penduduk setempat, Suku Maori. Kenapa naik perahu? Karena di dalam guanya ada sungai sepanjang 250 meter.

Sambil naik perahu, jangan memejamkan mata. Lihat ke dinding gua dan langit-langitnya. Ada cahaya biru dan hijau yang berkerlap-kerlip seperti bintang di langit pada malam hari.

Cahaya itu bukanlah lampu atau api. Cahaya itu berasal dari cacing dengan nama latin Arachnocampa luminosa. Dalam kegelapan, hewan ini akan mengeluarkan cahaya berwarna hijau dan biru.

Untuk menjelajahi guanya, dipatok biaya tiket masuk seharga NZD 48 (Rp 380 ribu) per orang untuk dewasa, dan NZD 21 (Rp 166 ribu) untuk anak-anak usia 4-14 tahun. Guanya buka setiap hari mulai pukul 09.00 waktu setempat. Pada musim panas, Gua Waotomo buka hingga pukul 17.30 waktu setempat, sedangkan saat musim dingin buka hingga pukul 17.00 waktu setempat.

Kapan lagi lihat 'bintang' di dalam gua…