Gua Mematikan di Rumania, Jangan Masuk Bro

LAZONE.ID - Gua itu gelap, lembab dan bikin bulu kuduk bergidik. Apalagi Gua Movile Cave di Rumania yang nggak pernah disinari matahari.

Di bagian tenggara Rumania, terdapat sebuah gua yang tidak pernah disinari matahari selama hampir lebih dari 5,5, juta tahun. Gua itu adalah Movile Cave yang sangat gelap dan lembab. Nggak pernah ada manusia yang penah menginjakan kaki di sana sebelum tahun 1960-an bro.

Hal tersebut mengakibatkan tempat itu memiliki atmosfer yang benar-benar berbeda dengan belahan bumi lainnya. Gua misterius itu pertama kali ditemukan oleh para pekerja yang sedang membuat pembangkit listrik. Saat mereka menguji apakah tanah tersebut aman untuk dibangun. Lantas, tempat tersebut hancur dan membuka jalan menuju salah satu lokasi teraneh di dunia.



Loe harus turun sedalam 25 meter ke dalam tanah dan melewati lorong-lorong yang sempit sebelum masuk ke guanya terus menyelam ke danau juga. Di dalamnya ada sungai sulfur dengan bau telur busuk yang menyengat.

Udaranya beracun, dipenuhi dengan hidrogen sulfida dan karbon dioksida yang 100 kali lipat lebih berbahaya. Anehnya, walaupun memiliki lingkungan yang mematikan, seluruh ekosistem yang berada di dalam gua itu selamat. Peneliti menemukan setidaknya 33 spesies hidup di dalam tempat yang dikenal dengan sebutan Movile Cave itu. Gua ini gak dibuka buat buat umum.