Gua Paling Besar di Dunia Ini Luasnya 8 Hektar!

LAZONE.ID - Luas guanya 8,8 hektar. Stadion sepakbola mah lewat!

Vietnam punya Gua Son Doong. Gua yang panjangnya 5 km, tingginya 200 meter, lebarnya 150 meter dan luas totalnya 88 hektar. Loe harus trekking dulu ke dalam tanah, terus lanjut pakai tali turun dari ketinggian 40 meter. Gua ini dicap sebagai gua terbesar di dunia.

Gua Son Doong berada di dalam Taman Nasional Phong Nha Ke Bang, Provinsi Quang Binh, Vietnam. Untuk menuju ke sana harus naik mobil dari kota Hanoi sejauh 500 km. Pas sampai, siapin peralatan tali menali karena loe harus turun pakai tali untuk menapakan kaki di dasar guanya.

Deg-degan, pasti. Ditambah suasana yang lembab dan gelap, denyut jantung bakal berdetak kencang. Di balik itu, Gua Son Doong menampilkan bentangan alam yang luar biasa indah. Bayangin aja, di dalam gua ada hutan, sungai dan air terjun. Mantap!


Tahun 1991, masyarakat yang tinggal di sekitar gua mengaku suka mendengar suara aneh. mereka malah nggak berani mendekat ke mulut gua, karena dianggap Gua Son Doong adalah 'gerbang' ke dunia lain.

Barulah di tahun 2009, peneliti gua dari Inggris berhasil menjelajahi gua ini. Hasil penelitiannya mengejutkan, ternyata ditemukan fosil tumbuhan atau hewan yang diperkirakan berumur 300 juta tahun. malah diyakini, masih banyak fosil yang lebih tua lagi umurnya bro!

Pemerintah Vietnam, setelah itu langsung menjaga dan melestarikan guanya agar tetap terjaga keasliannya. Biaya untuk masuk ke gua pun dibuat mahal setinggi langit, seharga USD 3.000 atau sekitar Rp 40 juta untuk menginap dan menjelajahi Gua Son Doong 7 hari 6 malam. Nabung dululah...