Gua Unik yang Mengeluarkan Suara Gong di Pacitan

LAZONE.ID - Stalaktit dan stalagmit gua juga terlihat berwarna-warni.

Di Indonesia banyak banget nih objek wisata gua dan semuanya bagus-bagus. Tapi, gua favorit versi gue sih jatuh kepada Gua Gong di Pacitan, Jawa Timur. Karena apa? kalo lo memukul batu di dalam gua itu maka akan mengeluarkan suara seperti gong, keren kan.

Enggak cuma itu, saat berjalan di dalam gua lo juga akan dibuat kagum dengan pemandangannya yang keren abis. Soalnya, gua dengan kedalaman 256 meter ini dipasang lampu gitu diberbagai sisi. Stalaktit dan stalagmit gua juga terlihat berwarna-warni.

Oh iya, sebelum lebih jauh, Gua Gong sendiri terletak di Desa Bomo, Kecamatan Punung, Donorejo, sekitar 140 km arah selatan kota Solo atau 30 km arah Barat Daya Kota Pacitan.

Kenapa dinamakan Gua Gong, ya karena batu di dalam gua itu kalo dipukul dapat berbunyi seperti gong. Stalakmit dan stalaktit di gua ini sendiri juga berumur ribuan tahun. Ukurannya juga begitu besar, tingginya aja mencapai puluhan meter sehingga membentuk seperti pilar batu kapur.

Nah, berbagai macam batuan Stalaktit dan Stalakmit ini kemudian di kombinasikan dengan sorotan cahaya dari warna warni lampu spotlight sehingga menimbulkan suasana yang sangat mengagumkan.

Ditambah kalo lo ada di sisi-sisi gua, lo bakalan dengar dengung angin yang samar terdengar oleh telinga dan akan memberi konspirasi suasana yang enggak akan bisa diucapkan dalam kata-kata bro. 

Dengan latar tebing dan jurang pegunungan suhu udara dan kelembaban di dalam gua bisa membuat lo kegerahan meskipun ada kipas di tiap sudut gua. Ya tapi semua itu enggak akan jadi masalah deh karena gue jamin lo akan kebawa dengan suasana indah di dalam gua itu.

Gua Gong sendiri pertama kali ditemukan oleh dua sesepuh Desa Bomo yaitu Mbah Noyo Soemito dan Mbah Joyo Rejo pada tahun 1924. Mereka pada saat itu lagi mencari sumber mata air akibat kekeringan panjang di desa Bomo. Hingga akhirnya pada 5 Maret 1995 masyarakat mencari keberadaan gua dan membukanya untuk umum.