Guci-guci Raksasa Misterius di Laos, Tau Nggak Loe

LAZONE.ID - Banyak peninggalan bersejarah yang kebenarannya belum terjawab. Selain Piramida dan Stonehenge, ini Plain of Jars di Laos yang misterius!

Di tempat ini terdapat guci-guci raksasa dari batu megalitik yang tersebar di Propinsi Xieng Khouang di Laos. Nama situs sejarahnya Plain of Jars, yang banyak banget guci-guci terhampar di tanah. Jumlahnya ratusan bro!

Ada yang mengatakan bahwa guci atau botol raksasa ini digunakan dalam upacara pemakaman kuno. Namun legenda setempat mengatakan bahwa guci digunakan untuk menyeduh anggur beras untuk para raksasa. Guci-guci raksasa tersebut umumnya memiliki tinggi satu sampai dua meter dan diameter 3 meter.



Pada tahun 1960-an Laos bagian utara dijadikan sasaran pemboman besar-besaran oleh Amerika Serikat. Saat ini daerah ini telah dibersihkandan dinyatakan aman bagi pengunjung. ampir semua guci batu di Plain of Jars tidak dihiasi ornamen apapun. Hanya satu buah guci di Situs 1, situs Plain of Jars pertama yang ditemukan, yang dihiasi dengan gambar manusia. Gambar tersebut diukir di bagian dalam guci. 

Tak ada yang tahu kebudayaan kuno mana yang membuat guci-guci ini. Tak danya bukti tertulis menyebabkan penelitian terhadap situs yang diperkirakan berasal dari Zaman Besi ini sulit dilakukan. Kabarnya, guci ini umurnya udah ada sejak 500 SM-200 M.