Gugah Jiwa Petualang Loe di Pulau Sempu

LAZONE.ID - Sebelum loe berniat mengunjungi Pulau Sempu, ada baiknya simak beberapa hal berikut.

Be a real man nggak hanya gimana loe memperlakukan wanita dengan baik. Tapi lebih dari itu, loe harus tetap membawa sifat-sifat mainly di manapun berada, termasuk ketika traveling. Jangan sampai egois dan membiarkan suatu tempat menjadi nggak indah lagi.

Pernah ke Pulau Sempu, Guys? Sangat indah dengan julukan kepingan surganya membuat cagar alam ini makin banyak dikunjungi. Well, sebelum loe berniat mengunjungi spot ini ada baiknya simak beberapa hal berikut.

Sempu bukan tempat wisata

Sebelum mengunjungi suatu tempat sangat dianjurkan untuk membaca review yang ada. Nah, kalau udah baca banyak ulasan tentang Sempu dan masih ngebet pengen ke sana jangan pernah sebut diri sebagai pecinta lingkungan. Sempu sama sekali bukan tempat wisata yang bisa dikunjungi sesuka hati karena sejatinya tempat tersebut adalah cagar alam yang harus steril. Makin sering berhubungan dengan manusia, tempat ini hilang sifat alaminya. Alhasil, sekarang Sempu pun udah nggak imbang lagi ekosistemnya.

Lihat Sempu sekarang

Menikmati pemandangan indah nggak harus dengan merusak, kan? Tapi Sempu nasibnya seperti sepah yang dibuang. Banyak orang yang camping di tempat ini menikmati kepingan surganya lalu pulang dengan meninggalkan sampah. Alih-alih terjaga, pulau indah ini nampak benar-benar kumur seperti habis diterjang banjir. Miris? Harus!

Sadar lingkungan, Bro!

Jangan menjadi orang egois yang hanya mementingkan diri sendiri tapi nggak memperdulikan lingkungan. Sempu adalah tempat alami yang harusnya dinikmati dengan cara yang beda. Dilestarikan, dibiarkan tetap apa adanya, karena percaya atau nggak tempat ini adalah salah satu ekosistem penting.

Ikut bertanggung jawab terhadap lingkungan merupakan jiwa seorang traveler sejati. Jangan sebut diri loe a true nature lover kalau hal seperti ini aja nggak peduli.