Gurun Juga Bisa 'Berbunga-Bunga'

LAZONE.ID - Tempat paling kering di bumi mendadak jadi tempat paling romantis. Fenomena yang muncul cuma dalam 5-7 tahun sekali!

Tempat paling kering di bumi mendadak jadi tempat paling romantis. Fenomena yang muncul cuma dalam 5-7 tahun sekali!

Kalau pengen nonton bunga-bunga liar tumbuh memenuhi gurun, malamnya tidur di bawah taburang bintang, loe sebaiknya terbang ke Cili sekarang. Apalagi buat warga Indonesia, negara ini bebas visa, bro.

Gurun Atacama yang membentang dari pantai utara Cili ke arah bagian selatan Peru, dikenal sebagai gurun paling kering di dunia. Tapi di musim semi kali ini hujan turun nggak berhenti. Akibatnya luar biasa. Pasirnya basah dan padang pasir inipun ditumbuhi bunga-bunga liar warna pink.

Fenomena alam ini terjadi menurut pola El Niño yang mengantarkan kekeringan di Amerika Selatan, sebelum akhirnya membawa hujan selang beberapa lama. Buat Gurun Atacama sendiri, bunga-bunga tadi biasanya muncul setiap lima atau bahkan tujuh tahun sekali!

Sebagai gurun, Atacama memegang rekor mengalami kekeringan paling lama, yaitu 173 bulan tanpa dijatuhi satu tetes air hujan pun. Nggak heran, dia mengalahkan gurun-gurun lainnya, seperti Gobi dan Kalahari. Saat hujan yang nggak diperkirakan sama sekali jatuh di atas gurun kebanggaan Cili ini, bunga-bunga liar pun mekar.

Keajaiban alam gurun yang berbunga ini juga senada dengan beberapa gurun lain, seperti Gurun Utah di Amrik serta di Central Australia, tapi pemandangannya nggak sedahsyat di sini.