Gurun Pasir Ini Bukan di Timur Tengah Bro

LAZONE.ID - Gurun pasir identik dengan negeri Timur Tengah. Tapi tahu nggak loe kalau Eropa juga punya, adanya di Prancis!

Nah yang kita tahu di Eropa tidak ada gurun, paling hanya bukit pasir biasa. Tapi anggapan ini salah lho, Eropa punya gurun pasir unik yaitu The Great Dune of Pyla. Panjangnya seitar 3 km, lebar 500 m dan tinggi 100 m.

Gurun pasir ini sebagian sangat curam mengahadap ke hutan. Tapi di sisi lain justru menghadap ke Laut Mediterania. Sisi lainnya ada Pegunungan Pyreness yang indah terhampar. Kalau dipotret dari atas gurun pasir ini keren banget!



Satu hal yang unik dari Bukit Pasir Pyla adalah bukitnya bisa 'bergerak' dan menutupi permukaan area di sekitarnya. Pergerakan gurun pasir Pyla bisa mencapai 4,9 meter per tahunnya. Dalam waktu 57 tahun terakhir, total pergerakannya mencapai 280 meter. Pergerakannya tergantung iklim dan angin bro.

Loe bisa menjelajahi gurun pasir ini, main sanboarding atau aktivitas paragliding. Seru bangetlah main di sini serasa kayak di Timur Tengah aja padahal di Prancis, Eropa.