Hal yang Enggak Lo Ketahui Tentang Pulau "Pohon Palem" di Dubai

LAZONE.ID - Dibangun dari rangkaian pulau-pulau kecil.

Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum, Perdana Menteri Uni Emirat Arab dan Emir Dubai merupakan otak di balik proyek besar Palm Island ini. Karena bro, mereka sudah berfikiran ke depan bahwa minyak, yang selama ini menjadi penghasilan negaranya tidak akan bertahan lama. Jadi, Sheikh Mohammed menyulap kotanya menjadi kota wisata kelas dunia.

Seperti Palm Island, pulau buatan yang sengaja dibuat untuk memperluas garis pantai Dubai dan meningkatkan pariwisata di Dubai. Caranya, mereka melakukan reklamasi di Teluk Persia. Yap, pulau yang berbentuk seperti pulau palem ini dibuat menjadi tiga, yakni Palm Jumeirah, Palm Jebel Ali, dan Palm Deira.

Pembangunan Palm Island ini menggunakan 7 juta ton batu alam untuk mendorong terciptanya karang alami dan menjaga kelangsungan hidup laut di pantai Dubai.

Kerennya, pulau ini dibangun dari rangkaian pulau-pulau kecil sehingga membentuk seperti pohon palem. Katanya sih, saking luasnya, pulau ini dapat terlihat dari ruang angkasa dengan mata telanjang. Ada lebih 12.000 pohon sawit yang ditanam di pulau ini.

Enggak cuma itu, 100 lebih hotel mewah, villa dan apartemen eksklusif tepi pantai, marina, taman hiburan air, restoran, pusat perbelanjaan, fasilitas olah raga dan spa kesehatan akan ada di dalam tiga pulau itu.

Sheikh Mohammed memberikan kepercayaan kepada Nakheel Properti untuk membangun Palm Island. Dia menyewa kontaktor pengerukan Belanda, Van Oord yang terkenal ahli dalam reklamasi tanah.

Pulau berbentuk pohon palem ini mempunyai 17 batang daun dan di bagian luarnya dibuat pemecah gelombang berbentuk bulan sabit. Uniknya, agar pembangunannya ini sesuai presisi atau tepat, mereka hanya mengandalkan teknologi GPS.

Pulau yang paling terkenal di Palm Island ialah Palm Jumeirah dan Palm Jebel Ali. Apalagi saat ini para wisatawan bisa mengakses kedua pulau tersebut dengan mudah, yakni melalui monorail, dan terowongan bawah air. Di Palm Jumeirah juga nantinya akan terdapat Nakheel Mall, yang dibuka pada akhir 2017 nanti. Selain itu, Palm Jebel Ali mempunyai ukuran yang lebih besar dari Palm Jumaeirah.

Tapi bro, terlepas dari dua pulau itu. Saat ini Dubai masih membangun pulau ketiga, yakni Palm Deira yang digandang-gandang akan lebih besar dari Palm Jumaeirah dan Palm Jebel Ali. Bayangin aja, mereka berencana membuat Palm Deira dengan luas delapan kali lipat dari luas Palm Jumaeirah. Akhir 2018, Palm Deira ditargetkan akan selesai dibangun.

Nah, buat lo para lelaki pemberani yang mau ke Dubai, buruan ikutan BoldXperience Mission To Dubai 2017. Klik ke www.boldxperience.com