Harta Karun Di Laut Yunani!

LAZONE.ID - Surganya penyelam, kuburan 22 bangkai kapal dari jaman klasik di Laut Aegean. Ada yang dari masa sebelum Masehi, bro.

Surganya penyelam, kuburan 22 bangkai kapal dari jaman klasik di Laut Aegean. Ada yang dari masa sebelum Masehi, bro.

Buat penyuka kegiatan diving atau menyelam, siap-siap ya nunggu dibolehin turun ke Laut Aegean. Perairan ini enggak ubahnya surga. Jadi kuburan kuno bagi bangkai-bangkai kapal alias wreck sejak zaman Klasik, Hellenistic, Medieval, bahkan Sebelum Masehi!

Fakta ini ditemukan belum lama ini, oleh team arkeologi bawah laut dari Amrik dan Yunani. Mereka menemukan 22 wreck kapal kuno di dekat Kepulauan Fourni, di sebelah timur Laut Aegean. Lokasinya ada di tengah-tengah jalur pelayaran dan perdagangan kuno antara Mesir, Siprus dan Yunani. Diperikrakan dari 700 tahun Sebelum Masehi sampai abad ke-16.

Ini masih tergolong temuan awal, karena kabarnya di sekitar kepulauan karang itu masih banyak lagi bangkai kapal belum sempat disentuh. "Hanya sekitar 13 hari kami sudah menambah 12 persen dari jumlah total bangkai kapal kuno yang ada di perairan Yunani," kata Peter Campbell dari Universitas Southampton dan wakil direktur RPM Nautical Foundation, kepada Discovery News.

Temuan ini mencakup luasan 17 mil di sekitar 13 pulau yang membentuk Kepulauan Fourni. Kebayang kan, kalau area pencarian diperluas lagi sampai Pulau Ikaria dan Samos yang mengapit kepulauan ini.

Temuan keren ini melibatkan para pakar arkeologi laut dari Greek Ephorate of Underwater Antiquities dan RPM Nautical Foundation, dengan dukungan para penyelam setempat sampai nelayan.

"Tentu kita ngarepin hal terbaik dari penelitian ini, tapi bahwa hasilnya begini sukses, sama sekali di luar dugaan. Bangkai kapal ada di mana-mana," cerita kepala penelitian dari Greek Ephorate, George Koutsouflakis. "Biasanya, dalam satu musim penelitian dapat empat atau lima bangkai kapal saja hitungannya sudah bagus banget."