Hii.... Ada Kuburan Gantung di Filipina!

LAZONE.ID - Mirip seperti kuburan di Tana Toraja, bedanya ini digantung di tebing.

Kuburan di Filipina ini bukan di dalam gua atau dikubur di tanah. Kuburan di Filipina ini, berupa peti-peti mati yang digantung di tebing-tebing. Isinya jasad manusia yang udah jadi tengkorak bro.

Sebutannya hanging coffins alias kuburan gantung. Tempatnya ada di Lembah Echo di wilayah Sagada yang masuk provinsi Bulubundukin di Filipina bagian utara. Kuburan gantung adalah tradisi dari Suku Igorot dan diperkirakan sudah dilakukan sejak 2.000 tahun lamanya.

Kuburan gantung di Sagada, menggantung di pinggiran tebing pada ketinggian puluhan meter. Jenazah dimasukan ke dalam peti mati dari kayu lalu dia angkat dan digantung dengan tali. Lalu, ada besi dan juga kayu sebagai penyangga peti matinya yang berada di dinding tebing.



Sebelum meninggal, orang-orang Suku Igorot akan membuat peti matinya sendiri. Tapi ternyata, banyak peti mati yang ukurannya tidak pas sehingga mereka yang sudah meninggal dimasukan paksa ke dalamnya. Aduh ngilu...

Suku Igorot percaya, jenazah yang menggantung, akan lebih mudah mengantarkannya ke surga. Mirip dengan di Toraja, juga ada kuburan di tebing tapi bedanya dimasukan ke dalam gua dan dibuat boneka yang mirip dengan perawkan si jenazah dan ditaruh di pinggir tebing.

Tradisi kuburan ganteng, rupanya masih dilakukan Suku Igorot sampai sekarang bro. Unik sih melihat peti-peti mati yang menggantung di pinggir tebing, tapi kan isinya jenazah manusia yang udah jadi tulang belulang. Jangan macem-macem ya di sana!