IDEAS Eatery & Bar: Go Local Go Global

LAZONE.ID - Konsep fine dining yang dibawa ke dalam bentuk restoran.

Talkmen.com --- Konsep fine dining yang dibawa ke dalam bentuk restoran.

Ketika bahan lokal diangkat menjadi makanan berkelas.   Sesuai dengan namanya, IDEAS Eatery & Bar menampilkan ide-ide unik dalam menu yang mereka sajikan.

Bisnis kuliner seakan tidak pernah mati.  Ada satu lagi restoran yang menawarkan konsep yang berbeda dari restoran kebanyakan. Restoran yang satu ini bisa di bilang cukup unik karena restoran ini memadukan antara menu khas Indonesia dengan masakan Internasional. Terletak di salah satu mal yang ada di daerah Jakarta Selatan, IDEAS Eatery & Bar menawarkan hal tersebut bagi para pencinta kulineri Indonesia khususnya di Jakarta.

THE PLACE

IDEAS Eatery & Bar menawarkan kepada Anda para pencinta kuliner suasana yang berbeda dari restoran kebanyakan. Dengan mengambil nuansa Victorian, pengunjung seakan dibawa ke dalam suasana masa lalu yang lekat dengan negara Inggris klasik. Kesan klasik elegan namun tetap nyaman seakan menjadi satuambience yang hendak ditonjolkan. Hal ini didukung dengan pemilihan furniture yang di dominasi dengan kayu, besi, dan lampu gantung antik.

Suasana interior IDEAS Eatery & Bar.  

Ketika pertama kali masuk ke dalam restoran ini, mata Anda akan langsung tertuju pada satu lemari besar yang dijadikan sebagai wine cellar atau tempat penyimpanan wine. Namun lemari tersebut tidak hanya digunakan untuk menyimpan wine namun juga terdapat beberapa botol minuman lainnya.

Lemari penyimpanan ini bisa dikatakan cukup merepresentasikan ambience yang ingin ditonjolkan oleh IDEAS Eatery &Bar. Satu hal lain yang cukup menarik perhatian mata adalah area bar. Mengambil konsep open barmembuat restoran ini menjadi terkesan besar namun tetap nyaman. Di bagian belakang bar, Anda akan melihat jejeran botol minuman yang tertata rapi.

THE FOOD

Untuk makanannya sendiri, IDEAS menyajikan menu masakan Indonesia dan Barat, dalam hal ini lebih condong ke Eropa. Namun yang menarik adalah makanan yang mereka sajikan tidak seperti restoran kebanyakan. Sesuai dengan nama restorannya, menu-menu yang ditawarkan merupakan ide dari sang juru masak yang memang jebolan dari sebuah hotel berbintang lima.

Pengalamannya di Hotel berbintang lima membuatnya memiliki barbagai macam ide.  

Sang head chef dari IDEAS mengatakan bahwa makanan yang disajikan di restoran ini memiliki satu filosofi yaitu "Go Local Go Global". Maksud dari filosofi ini adalah bahan-bahan makanan lokal Indonesia yang dianggap makanan kaki lima diangkat menjadi sebuah makanan berkelas. Seperti contoh singkong diolah menjadi Nachos, sebuah makanan pembuka asal Meksiko. Singkong menggantikan keripik jagung yang biasanya menjadi bahan utama dalam Nachos. Menu ini dikenal dengan nama “Sinchos”.

Ada satu menu yang cukup membuat saya kaget karena harganya yang cukup mahal yaitu sebuah nasi goreng. Menu yang satu ini diberi nama 'Main in Black' Kluwek Fried Rice. Nasi goreng ini memang berbeda dari nasi goreng kebanyakan karena menggunakan kluwek sebagai bahan utama. Ternyata yang membuat mahal menu yang satu ini adalah pembuatan yang ternyata cukup rumit.

Harganya yang cukup mahal tidak membuat makanan ini ditinggalkan oleh para pembeli.  

Sang head chef mengatakan bahwa bumbu-bumbu yang digunakan untuk membuat nasi goreng ini memakan proses yang cukup lama. Selain itu juga lauk pendampingnya ternyata juga dimasak dengan proses yang cukup rumit. Paha ayam yang disajikan dimasak dengan teknik confit yang menggunakan lemak bebek saat diungkep. Inilah yang membuat mahal nasi goreng ala IDEAS. Walaupun demikian ternyata banyak pengunjung yang menyukai menu ini karena rasanya enak.

Untuk menu lainnya yang tidak kalah enaknya adalah nasi bebek. Sekilas memang terlihat seperti nasi bebek biasa yang disajikan dengan sambal hijau. Tapi nasi bebek yang satu ini rasanya enak banget (for real). Dagingnya yang lembut dan tidak ada bau amis serta sambal yang rasanya pas, membuat makanan yang satu ini wajib Anda coba jika datang ke IDEAS.

Anda tidak perlu menggunakan tangan saat menyantap bebek ini. .

Filosofi "Go Local Go Global" ternyata tidak hanya diterapkan pada makanan saja tapi IDEAS juga menerapkan pada minuman mereka. Menu minuman mereka cukup unik terutama pada minuman beralkohol. IDEAS Eatery & Bar memadukan bahan lokal yang dicampurkan ke dalam martini. Sebut saja Sayur Asem Martini, Pecel Martini dan Rujak Bebeg Martini. Ya, keseluruhan minuman ini benar-benar menggunakan campuran bahan sesuai dengan nama minuman tersebut.

Pecel Martini, salah satu minuman andalan IDEAS Eatery & Bar.  

 

IDEAS Eatery and Bar

Pondok Indah Mal 3, Lantai Dasar. Jln. Metro Pondok Indah Jakarta Selatan

T: +62 21 759 6750

Price: Rp 20.000 - Rp. 300.000